TIPS MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR

Info Guru - Hallo sobat hanibi, kali ini kami posting sebuah tips bagaimana meningkatkan konsentrasi belajar. Ada banyak siswa yang mengalami kesultan untuk berkonsentrasi ketika sedang belajar apalagi saat sedang menghadapi Ujian Nasional. Penyebab dari kurangnya berkonsentrasi tersebut bisa bermacam-macam, misalnya perut kelaparan, gerah, suara bising, dan lain-lain. Perlu diketahui bahwa konsentrasi merupakan kemampuan seseorang untuk fokus pada satu hal dan mampu mengabaikan hal atau faktor lainnya. Disini kami mencoba memberikan cara bagaimana mengatasi kesulitan dalam konsentrasi disaat belajar atau saat  mengerjakan soal. Perlu diingat bahwa tips ini tidak bisa dilakukan hanya satu kali tapi harus dilakukan secara kontinu sehingga akan berubah menjadi kebiasaan yang lebih kearah postifif tentunya. Langsung aja, berikut ini cara meningkatkan konsentrasi anda dalam belajar ;

1. Istirahat secukupnya

Banyak siswa yang belajar dengan cara kebut semalam alias mau belajar disaat sedang menghadapi Ujian atau semesteran saja. Kebiasaan itu mulai sekarang jangan pernah dipakai kembali karena itu adalah kebiasaan yang buruk. Tubuh itu perlu istirahat demikian pula otak kita, jadi jangan dipaksakan belajar dengan materi yang seabrek hanya dalam sehari. Biasakan belajar setiap hari meskipun hanya 10-15 menit sehari. Disaat kita pulang dari Ujian Nasional atau semesteran, setelah makan siang jangan langsung buka buku kembali karena dapat dipastikan pikiran jadi ngeblang bahkan ngantuk. Lebih baik luangkan waktu untuk istirahat sejenak atau tidur siang yang cukup. Dengan anda tidur siang, otak dan tubuh kita akan fresh kembali.

2. Posisi Belajar Yang Baik

Hindari belajar sambil tidur meskipun mungkin itu cara anda bisa berkonsentrasi dalam belajar tapi alangkah baiknya mencari posisi belajar yang tidak menyiksa indera mata kita. Lebih baik belajar sambil duduk pada kursi dan meja yang pas dan nyaman untuk badan kita. Belajarlah ditempat yang penerangannya cukup baik agar mata kita tidak cepat lelah.

3. Makan Makanan Yang Bergizi

Selain pola hidup dengan tidur cukup, olahraga teratur, jangan lupa makan makanan yang bergizi agar pola hidup kita seimbang. Pola hidup yang sehat dipercaya mempermudah kita untuk berkonsentrasi bahkan terhindar dari penyakit pikun serta awet muda.

4. Tempat Yang Nyaman

Tempat yang nyaman adalah tempat yang jauh dari suara gaduh meskipun kadang ada juga belajar dengan mendengarkan musik tapi sebaiknya jangan terlalu keras-keras. Coba cari tempat belajar di rumah yang paling anda rasa enak buat anda selain tempat tidur tentunya.

5. Strategi Menjawab Soal Cepat

Carilah model belajar yang kamu anggap lebih cepat. Misalnya, ketika menjawab soal pilihlah jawaban yang sekiranya mudah dahulu karena biasanya lama konsen dalam mengerjakan soal antara 30 - 60 menit pertama setelah itu konsentrasi akan berkurang. Dijaman modern seperti ini kita bisa belajar soal-soal Ujian Nasional atau semesteran yang didukung dengan media suara maupun gambar di internet. Carilah soal Ujian dengan sistem CAT (Computer Assit Test), keuntungannya anda langsung tahu hasil dari jawaban. (lain waktu akan kami buatkan soal Ujian Nasional atau semesteran secara online dengan menggunakan aplikasi wondershare quiz).

Itulah tadi beberapa tips meningkatkan konsentrasi belajar. Semoga tips tersebut bisa bermanfaat. Dan jangan lupa sekali lagi, bagi yang mau menghadapi Ujian Nasional belajarlah dengan tekun, istirahat cukup, olahraga dan makan makanan yang bergizi. Semoga sukses !

0 comments:

Posting Komentar

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner