PENGERTIAN DARI CLOZE PASSAGES

Belajar Bahasa Inggris - Hallo sobat hanibi, sudah lama kami tidak posting pelajaran Bahasa Inggris Dasar. Oke. kali ini kita akan membahas pengertian dari Cloze Passages. Apa itu Cloze Passages? Yaitu paragraf atau teks rumpang yang harus dilengkapi dengan kata-kata yang tepat sehingga paragraf atau teks tersebut menjadi bermakna. Jadi disini adik-adik harus teliti dalam mengerjakan soal semacam ini. Kalian harus menguasai tentang grammar dan vocab. Jika tidak menguasai, dapat dipastikan jawaban-jawaban kalian akan banyak yang keliru sehingga paragarf atau teks tersebut jika diartikan menjadi tidak bermakna. Kata-kata yang tepat untuk melengkapi cloze passages adalah kata-kata yang berkaitan dengan perbendaharaan kata (kosakata) serta berkaitan dengan grammar (tata bahasa).

 wikipedia

Maragarita lives at Baliem Valley in Papua province. Look at her house ! It is called 'Honai'. The wall is made of wood and the . . . (1) is made of 'Sali', a kind of grass. Maragarita's skirt is made of 'Sali' too. There are two floors inside the hanoi. The first floor functions as the source of heat. maragarita's father puts some firewood on the floor. It . . .(2) the house warm because the temperature is very cold. It is about 18 Celsius. There isn't any furniture on the first floor. There is only some grass and a ladder. Margarita sleeps on the second floor. She sleeps with her sisters and her mother. She calls her 'mama'. Her father and her brother do not sleep in the same honai . . . sleep in a bigger honai. It's near Margarita's honai. 

Question 1

A. floor
B. roof
C. room
D. ceiling

Answer : B

Kita paling tidak tahu bentuk rumah dari suku papua yang kebanyakan atap (roof) dari rumah tersebut terbuat dari 'Sali' sejenis rumput. Jawaban A artinya lantai, C artinya ruang dan D artinya langit-langit ruangan. Lantai rumah, ruangan, dan langit-langit ruangan tidak tampak pada gambar.

Question 2

A. looks
B. seems
C. keeps
D. happens

Answer : C

Ayah margarita menempatkan kayu bakar dilantai untuk menjaga rumah tetap hangat karena suhu sangat dingin kira-kira 18 DC. Jadi, kata yang tepat untuk melengkapi kalimat itu adalah keeps yang artinya menjaga. Jawaban A artinya melihat, B artinya tampak, D artinya terjadi.

Question 3

A. I
B. We
C. He
D. They

Answer : D

Jawaban dapat disimpulkan dari frase sebelumnya, "her father and her brothers" yang artinya "ayah dan saudara laki-lakinya". Jadi kata ganti orang yang tepat untuk mereka adalah they. Pilihan jawaban yang lain salah.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan  saat memilih kata yang tepat untuk melengkapi kalimat, sebagai berikut :

  1. Apabila berupa kata benda (noun), perhatikan apakah noun tersebut jamak atau tunggal, countable atau uncountable, kemudian sesuaikan dengan verb-nya.
  2. Apabila berupa kata kerja (verb), perhatikan tenses kalimatnya, apakah berbentuk present tense, past tense, dan lain-lain. Sesuaikan pula dengan subyek kalimat.
  3. Apabila berupa kata ganti (pronoun), perhatikan verbs yang mengikuti pronoun tersebut.
  4. Perhatikan makna kalimat dan teks secara keseluruhan

Sampai disini dulu pembahasan kita mengenai pengertian dari Cloze Passages beserta contoh soalnya. Semoga bisa dipahami dan di pelajari. Happy studying !

0 comments:

Posting Komentar

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner