TIPS MENCARI INFORMASI TERTENTU DALAM TEKS BAHASA INGGRIS


Apa yang dimaksud informasi tertentu ? Informasi tertentu atau spesific information adalah jenis informasi yang tertera secara jelas atau tertulis jelas dalam bacaan dan dapat diidentifikasi dengan cepat. Informasi tersebut bisa meliputi informasi seperti nama orang, tempat, jumlah sesuatu, warna, cara, waktu, hari/ tanggal/ bulan/ tahun, karakteristik dan lain-lain. Sangat penting untuk diperhatikan bahwa informasi ini bukan hasil dari penarikan kesimpulan atau pengumpulan informasi yang tersebar didalam teks. Dalam menggali informasi tertentu tersebut kita bisa menggunakan kata tanya. Salah satu ciri pertanyaan yang menanyakan informasi jenis ini antara lain penggunaan kata tanya sebagai berikut ini ;

PENGGUNAAN KATA TANYA

1. Who [ siapa ]
2. Where [ dimana ]
3. When [ kapan ]
4. How [ bagaimana ]
5. How many [ berapa banyak ]
6. How much [ berapa banyak ]
7. What day [ hari apa ]
8. What year [ tahun berapa ]
9. How far [ seberapa jauh ]
10. How long [ seberapa panjang/ lama ]
11. How wide [ seberapa lebar ]
12. How often [ seberapa sering ]
13. What color [ warna apa ]
14. What month [ bulan apa ]

Untuk menemukan informasi tertentu dengan cepat, dapat dilakukan dengan cara mengambil salah satu kata penting atau yang sama artinya dalam pertanyaan, lalu mencari kata itu dalam bacaan dan menemukan informasi yang terkait yang mungkin berada setelah kata penting tersebut.

Informasi tertentu bisa ditemukan pada teks seperti buku telepon, iklan film, indeks suatu buku bacaan, dan aneka jenis teks esai seperti teks descriptive, recount, narrative, report, dan lain-lain.

MENCARI INFORMASI TERTENTU DALAM BACAAN

"Benny always gets up at 5 o'clock in the morning. He goes to the bathroom and take a bath. He brushes his teeth and combs his hair. Then, he gets dressed and prays. After that, he has breakfast. He usually goes to school at 6 : 30. School starts at 7 o'clock and finishes at 12:30."

Question ;
What time does Benny go to school everyday ?
a. at 5:00
b. at 6:30
c. at 7:00
d. at 12:30

Jawaban : B
Pembahasan ;
Perhatikan penggunaan kata tanya informasi diatas yaitu "What time ", yang menunjukkan sedang menanyakan informasi tertentu yaitu pukul berapa. Perhatikan kalimat "He usually goes to school at 6:30. Dengan membaca kalimat ini, dapat diketahui jawaban yang tepat yaitu B. at 6:30.

Bagaimana? mudah bukan untuk menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan informasi tertentu? Itu tadi pembahasan mengenai tips mencari informasi tertentu atau spesific information dalam teks Bahasa Inggris. Tunggu update postingan kami selanjutnya yang berkaitan dengan latihan soal informasi tertentu dalam teks Bahasa Inggris. Semoga bermanfaat dan selamat belajar !

1 komentar:

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner