TIPS MENCARI INFORMASI RINCI DALAM TEKS BAHASA INGGRIS

Gratis Belajar Inggris - Hari ini kami ulas kembali pelajaran Bahasa Inggris yang masih berhubungan pada postingan sebelumnya "Tips Mencari Informasi Tertentu Dalam Teks Bahasa Inggris". Namun pada kesempatan kali ini kita membahas mengenai "Informasi rinci yang terdapat pada teks Bahasa Inggris". Sesuai dengan namanya, informasi jenis ini adalah informasi yang baru bisa diketahui setelah kita membaca suatu teks dengan rinci atau seksama. Terkadang informasi ini tersebar disana-sini dan pembaca harus mengumpulkannya atau memperhatikann hubungan antar informasi dari kalimat yang satu dengan yang lain di dalam teks.

Misalnya dalam teks kita jumpai kalimat-kalimat berikut " ... Last week I went to Bali together with my friend, Tom. He is an American ... We went there by car ...". Dari informasi ini dibuatlah pertanyaan yang berbunyi " How did the writer go to Bali ? ". Untuk menjawab soal ini, kita harus mencari informasi rinci dari informasi ke Bali dengan memperhatikan kata tanya " How " [ dengan apa ]. Dari kalimat yang datang selanjutnya dalam teks itu, kita dapat mengetahui jawaban dari soal tersebut yaitu  " By car " [ naik mobil ]. Jadi, tanpa membaca dengan seksama, kita tidak dapat menemukan informasi ini.

Berikut pertanyaan-pertanyaan yang menanyakan informasi rinci ;

1. Why ... ?
2. Which of the following statements is true according to the passage ?
3. Which of the following statements is wrong based on the text ?

CONTOH TEKS DAN PEMBAHASAN

" Mrs. Alwi and her daughter, Syntia, have been out for shopping at Puri Mall for two hours. Mrs. Alwi bought Syntia a new sweater. Now, she has already put it on. She is so happy that she hasn't even removed the tag yet "

The Question ;

Why didn't Syntia remove the tag of the sweater yet ?
a. The tag cannot be removed
b. The sweater has been put on
c. She was so glad to have it
d. The sweater is really good

Answer ;

c. She was so glad to have it

Pembahasan ;

Pada soal diatas menanyakan mengapa Syntia tidak melepas tag sweater barunya. Dari bacaan kita dapat mengetahui bahwa ada kalimat yang memberikan alasan mengapa hal ini terjadi, yaitu dari kalimat " She is so happy ... " Dengan demikian, jawaban yang paling tepat adalah C.

Sekian dulu pelajaran dari kami mengenai Informasi Rinci Dalam Teks Bahasa Inggris. Semoga bisa bermanfaat, Selamat belajar !




0 comments:

Posting Komentar

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner