PANDUAN APLIKASI DAPODIK VERSI 2022 TERBARU

Dapodik Versi 2022 - Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah bertugas menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang pendidikan anak usia dini, dasar dan menengah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Dalam rangka menyelenggarakan dan mengelola sistem pendidikan nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi perlu mengembangkan dan melaksanakan sistem informasi pendidikan nasional yang memuat basis data pendidikan yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi, untuk mewujudkan basis data pendidikan yang relasional sehingga mampu menghasilkan data untuk tiap entitas pendidikan, serta menampung dan mengintegrasikan semua data yang dihasilkan dari kegiatan pengumpulan data, perlu merancang data pokok pendidikan.

 
Data Pokok Pendidikan Dasar dan Menengah adalah salah satu sistem pendataan yang dikelola oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah yang memuat data satuan pendidikan, peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan, dan substansi pendidikan yang disebut sebagai entitas data, dan terus menerus diperbaharui secara daring. Hasil pengumpulan data melalui Dapodik menjadi dasar diterbitkannya data statistik pendidikan yang memberikan akses informasi kepada para pemangku kepentingan.

Sistem pendataan Dapodik pada tahun ajaran 2021/2022 mengembangkan pembaruan Aplikasi Dapodik versi terbaru yang diberi nama versi 2022. Secara sistem, pembaruan versi 2021 disiapkan untuk dapat memenuhi kebutuhan pemanfaatan data di semester ganjil ini. Aplikasi Dapodik versi 2022 dikemas dalam bentuk installer.

Pembaruan yang paling menonjol pada versi 2022 diantaranya penambahan fitur isian sanitasi pada tabel data rinci sekolah yang mengambil data dari isian alat (sarana), penambahan fitur ubah password pengguna utama saat pertama kali login, perbaikan validasi data KIP/PIP peserta didik, dan perbaikan validasi pengisian tugas tambahan kepala sekolah/PLT kepala sekolah.

Link download Panduan Aplikasi Dapodik Versi 2022 Terbaru bisa anda unduh di tautan berikut : Unduh Aplikasi Dapodik Versi 2022

0 comments:

Posting Komentar

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner