MENAFSIRKAN MAKNA KATA BERDASARKAN KONTEKS

hanibi.com
Belajar Bahasa Inggris - Saat kita membaca majalah/ koran/ cerpen berbahasa inggris pastinya kita harus bisa memahami suatu kata di dalam teks tersebut. Jika tidak, maka kita membutuhkan kamus untuk membantu menafsirkan makna kata tersebut. Namun apakah harus membawa kamus kemana-mana saat kita membaca teks Bahasa Inggris dan harus memahami suatu kata tertentu? Tentu saja malas bukan? Nah, untuk mengatasi masalah tersebut, maka kita perlu memiliki kemampuan dan menebak arti suatu kata yang tidak kita ketahui artinya yaitu dengan cara menafsirkan arti kata tersebut berdasarkan kata-kata yang kita tahu artinya atau berdasarkan konteks kalimat/ bacaan (Deducing meaning of words from context), kemudian kita coba untuk menyimpulkan apa kira-kira arti dari kata tersebut. Hal ini sangatlah penting karena satu kata bisa memiliki banyak arti. Untuk lebih jelasnya, coba perhatikan contoh berikut dan tebaklah apa arti kata "love" pada masing-masing kalimat dibawah ini :


  • I love watching old movies on TV
  • Young children need unconditional love
  • Music was his greatest love, but he also like ballet
  • The score of the game was two love
Dari contoh kalimat-kalimat diatas, kata "love" mempunyai arti yang berbeda-beda satu sama lain. Hal ini tergantung pada konteks dan isinya. Makna kata "love" dari contoh kalimat "The score of the game was two love", pastinya bukan berarti "cinta" karena tidak sesuai baik dari segi konteks maupun isinya. Kalimat tersebut terkait dengan dengan olahraga, lebih spesifik lagi terkait dengan skor pertandingan, maka bisa ditebak kalau makna arti kata "love" tersebut adalah "kosong/ zero", bukan "cinta". Jadi pada intinya untuk menentukan arti kata yang tepat/ sesuai tergantung pada konteks dan isinya. Dalam soal Bahasa Inggris, model makna kata seperti ini biasanya bisa berupa sinonim, antonim, atau definisi yang termasuk dalam vocabulary skill.
Nah, sudah pahamkah cara menafsirkan makna kata berdasarkan konteks? Sekali lagi kita bisa menafsirkan makna kata dengan tepat tergantung pada konteks dan isinya. Cara melatih kemampuan tersebut yaitu dengan sering berlatih membaca teks berbahasa Inggris tentunya.

Sampai disini dulu pembahasan kita mengenai "menafsirkan makna kata berdasarkan kontek". Semoga pelajaran kali ini bisa bermanfaat buat adik-adik sekalian. Selamat belajar !

0 comments:

Posting Komentar

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner