KATA RUJUKAN DALAM TEKS BAHASA INGGRIS

Gratis Belajar Bahasa Inggris - Ketemu lagi dengan kita dalam pembahasan soal-soal yang masih berhubungan dengan kisi-kisi Ujian Nasional Bahasa Inggris SMP. Saat kita membaca suatu teks, kita terkadang menemukan kata-kata ganti tertentu seperti "she, he, it, they, we, you, them, us" atau kata ganti yang mengganti orang-orang atau benda-benda tertentu seperti "the children, the man, one, this, that, these, those". Kata-kata ini berfungsi sebagai kata ganti untuk orang atau benda dalam bacaan. Rujukan kata biasanya ada pada kalimat sebelum kata ganti itu sendiri atau ada pula yang setelah kata ganti itu. Dalam tes ujian kita bisa mengetahui soal yang menanyakan soal tentang kata rujukan dengan adanya kata “refer to”.

Ciri pertanyaan yang menanyakan rujukan kata ini adalah sebagai berikut;

- What does the word “he” in the sentence refer to?
- The word “it” in the above sentence refers to . . .

Perhatikan contoh berikut ;

Soal 1

"That is Ali. He is Andy’s elder brother"

What does the word “he” in the sentence refer to ?
a. Ali
b. Andi
c. Brother
d. Andy's

Jawaban ; A
Coba perhatikan rujukan kalimat sebelumnya "That is Ali". Kata "he" yang dimaksud adalah "Ali" 

Soal 2

"Besides decorating the town, the statues also turn out to be helpful for people from out of town to find places they are seeking in Boyolali"

What does the underlined word refer to ?
a. people from out of town
b. place in Boyolali
c. cow statues
d. real cows

Jawaban ; A
Coba perhatikan kalimat mulai dari "...people from out of town to find places they are seeking in Boyolali". Kata "they" disini yang dimaksud adalah "people".

Soal 3

"The old woman said that her daughter had been died for many years and she was buried in a cemetery about an hour drive away from here."

The underlined word refers to . . .

a. cemetery
b. the old woman
c. she
d. the old woman's daughter

Jawaban ; D
Coba perhatikan kalimat " ... her daughter had been died for many years and she was buried in a cemetery about an hour drive away from here."

Kata "she" disini adalah rujukan kata dari "her daughter atau the old woman's daughter" 

Bagaiamana? apakah sudah paham penjelasan dari kami? biar lebih cepat paham, cobalah mencari soal yang mirip dengan contoh-contoh yang telah kami berikan agar anda terbiasa menjawab soal-soal semacam ini, khususnya mengenai Rujukan Kata. Selamat belajar !

0 comments:

Posting Komentar

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner