NASIB PARA OPS SEKOLAH

Beberapa bulan ini kami coba fb walking ke beberapa komunitas facebook khususnya yang masih menyangkut komunitas pendidikan. Tidak dipungkiri ternyata facebook membawa dampak positif yang sangat signifikan bagi perkembangan pendidikan di Indonesia, buktinya ada banyak sekali komunitas guru yang berisi sharing tentang pendidikan seperti komunitas guru bahasa inggris, komunitas guru SD, komunitas guru kreatif, komunitas guru madrasah, komunitas alumni kampus, komunitas UKG, komunitas SMK, dan masih banyak lagi. Mereka bisa saling bertukar ilmu dan problem solving mengenai permasalahan yang mereka hadapi bahkan secara sengaja ataupun tidak sengaja bertambahlah teman-teman mereka dari berbagai daerah di Indonesia.


 dreamstime.com

Namun ada fakta menarik yang terjadi pada salah satu komunitas di facebook yang kami temui, sebut saja 'komunitas operator padamu negeri'. Komunitas dimana para operator sekolah menjalankan tugasnya mengurusi adsministrasi PTK guru dan sekolah secara online di tiap sekolah masing-masing. Banyak sekali tanya jawab yang ada pada komunitas tersebut, mulai dari bertanya cara mengisi verval A01, cara mengajukan NUPTK baru, mengisi EDS, bahkan ada yang tidak tahu sama sekali. Namun yang unik disini seringkali kita akan menemukan tulisan curhat alias uneg-uneg pribadi para OPS tersebut.

Apa itu?

Yups, apalagi kalau bukan masalah honor, kurangnya perhatian dari sekolah mengenai kesejahteraan mereka sebagai OPS. Banyak yang mengeluh karena sudah banyak tenaga dan waktu yang mereka punya terkuras gara-gara mengurusi adsministrasi para PTK guru dan sekolah sedangkan para PTK dan sekolah sendiri tidak ambil pusing alias cuek dengan kerja keras mereka. Memang pekerjaan sebagai OPS sekolah gampang-gampang susah, terlihat mudah kalau antar PTK dan OPS bisa saling kerjasama dengan baik tetapi akan terasa sulit jika para PTK hanya mengandalkan OPS saja karena disitu OPS membutuhkan data-data yang valid para PTK agar tidak mengalami kesalahan nantinya. 

Cuplikan

Berikut kami berikan cuplikan postingan dan gambar curhatan para OPS sekolah. Semoga para OPS tetaplah menjadi pekerja yang profesional dan begitu pula kesejahteraannya menjadi lebih baik sesuai dengan apa yang telah mereka lakukan.





sumber : komunitas facebook



0 comments:

Posting Komentar

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner