BUKU PANDUAN APLIKASI DAPODIKMEN VERSI 8.1.4 UNTUK SMA/ SMK/ SMLB

hanibi.com
Aplikasi Dapodikmen - Telah dirilis Buku Panduan Sukses Implementasi Aplikasi Dapodikmen 8.1.4 untuk SMA/ SMK/ SMLB. Bagi para operator sekolah wajib membaca panduan ini agar pengisian data bisa akurat 100% tidak mengalami kendala. Adapun di keluarkannya buku panduan ini tidak lain untuk mempermudah para operator Dapodikmen dalam menjalankan dan melengkapi data pada Aplikasi Dapodikmen versi 8.1.4. Buku "Panduan Sukses Implementasi Aplikasi Dapodikmen" dihimpun dari pengalaman yang berkembang pada kegiatan sosialisasi, konsultasi dan bimbingan teknis. Buku ini berisikan diantaranya latar belakang, persiapan sekolah, petunjuk langkah-langkah Instalasi Aplikasi Dapodikmen, pengenalan beranda aplikasi, pengisian data profil sekolah, pengisian data rinci sekolah, pengisian data sarana dan prasarana, pengisian data pendidik dan tenaga kependidikan, pengisian data peserta didik, pengisian data rombongan belajar, dan lain-lain.

Pendataan dengan aplikasi Dapodikmen ini wajib dilakukan oleh seluruh satuan pendidikan jenjang menengah dibawah Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah, yang terdiri atas SMA, SMK dan SMALB. Sistem pendataan Dapodikmen akan terintegrasi dengan mekanisme penerbitan NISN (VervalPD) dan penjaringan data UN. Sesuai dengan kebijakan bahwa data dari Dapodikmen ini juga dikaitkan dan menjadi prasyarat dalam pencairan berbagai dana bantuan untuk sekolah, diantaranya untuk dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Program Indonesia Pintar(PIP), dan Dana Alokasi Khusus Dikmen (DAK).

Aplikasi Dapodikmen digunakan untuk mendata 4 (empat) entitas data pokok pendidikan, yaitu: Data Identitas sekolah dan sarana, Data Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK), dan Data Peserta Didik (PD) serta Substansi Pendidikan. Data-data pada Aplikasi Dapodikmen bersifat individu, maka ke empat entitas data pokok pendidikan tersebut harus diisikan dengan lengkap dan terperinci mencakup semua atributnya. Maka didalam Aplikasi Dapodikmen disediakan menu-menu yang mengakomodir semua entitas data pokok pendidikan beserta
prosedur transaksional secara periodikal. Untuk mendukung implementasi Dapodikmen agar berjalan dengan baik, maka Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah menerbitkan Panduan Sukses Implementasi Aplikasi Dapodikmen ini. Buku ini dapat menjadi panduan sekolah dalam implementasi pendataan Dapodikmen, dan menjadi pedoman bagi petugas operator sekolah dalam melaksanakan peran dan tugasnya dalam input data dan operasional Aplikasi Dapodikmen.

Bagi anda para operator sekolah baik SMA/ SMK/ SMLB, silahkan download dan baca panduan dibawah ini terlebih dahulu agar bisa tahu mana yang belum lengkap atau kesalahan disaat pengisian data sekolah. Semoga dengan adanya buku Panduan Aplikasi Dapodikmen Versi 8.1.4 ini bisa membantu dan mempermudah kerja para operator semuanya. Salam satu data !


0 comments:

Posting Komentar

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner