TIPS MENGERJAKAN SOAL CLOZE TEST

Gratis Belajar Inggris - Berikut ini admin share Contoh Soal Cloze Test Bahasa Inggris Dan Pembahasan. Kemampuan utama yang hendak dicapai dalam pelajaran Bahasa Inggris adalah kemampuan berwacana. Setiap teks selain memiliki fungsi sosial juga memiliki langkah retorika serta fitur bahasa tertentu. Misalnya untuk membuat teks recount, salah satu fitur pentingnya adalah siswa menguasai bentuk kata past tense. Dalam Ujian Nasional, salah satu cara mengukur kemampuan penggunaan fitur bahasa, suatu teks diuji dengan bentuk soal Cloze Test. Dalam Encarta Dictionary, dinyatakan bahwa cloze test adalah "a tes of comprehension and grammar in which a language student supplies appropriate missing words omitted from a text". Dengan demikian ciri dari Cloze Test adalah ada sebuah teks (misalnya salah satu paragraf dari sebuah teks) dimana kata-kata tertentu dihilangkan dan diberikan titik-titik atau rumpang dengan nomor tertentu. Kemudian siswa diminta untuk menganalisis kata yang tepat untuk melengkapi teks rumpang tersebut.

Contoh Soal Cloze Test Bahasa Inggris Dan Pembahasan

Kata-kata yang biasa diuji adalah kata-kata yang termasuk dalam part of speech, sebab kata-kata inilah yang menjadi bagian penting dalam sebuah teks.

- Pronouns : as a subject or object
- Nouns : as singular or plural
- Verbs : past tense, etc
- Adverbs : manner, time, place
- Conjunctions : ordinate, subordinate
- Adjective

Kata yang tepat untuk melengkapi bagian kosong di dalam paragraf tergantung pada bagian mana kalimat di dalam paragraf yang dikosongkan. Bagian yang dikosongkan dalam suatu kalimat dapat terletak pada bagian subjek, predikat, atau objek.

Posisi subjek biasanya ditempati oleh kata ganti (pronouns) khusus untuk subjek dan kata benda (nouns). Posisi predikat ditempati oleh kata kerja (verbs) atau To Be. Posisi objek ditempati oleh kata benda (nouns) atau kata ganti khusus untuk objek.

Kata keterangan (adverbs) biasanya ditempatkan dibelakang kata kerja yang ia jelaskan. Jika ia menjelaskan cara, waktu, atau tempat, posisinya dibagian akhir kalimat. Ada juga kata keterangan yang tempatnya sebelum kata kerja khususnya yang menerangkan frekuensi seperti always dan usually.

Kata sifat (adjectives) biasanya di depan kata benda yang ia jelaskan atau dibelakang to be sebagai pelengkapnya. Kata penghubung (conjunctions) biasanya diantara dua frase atau dua klausa sejenis yang ia hubungkan.

Selain memahami posisi jenis-jenis kata diatas, kunci keberhasilan siswa dalam melengkapi teks juga sangat tergantung pada sejauh mana menguasai kosakata terkait dengan berbagai topik baik bentuk, makna, maupun fungsinya. Berikut ini contoh soal yang bisa anda pelajari ;

B. Contoh Soal Cloze Test Bahasa Inggris

Choose the best words to complete the text !

Alexander was born in Macedonia in 356 BC. His father, King Philip II of Macedonia, hired the famous Greek philosoper Aristotle to tutor young Alexander. In the summer of 336 BC, Philip was murdered by one of his bodyguards. Alexander then ... (1) a king.

Many people in Macedonia plotted against the young King ... (2) Alexander was shrewd. He ... (3) ordered the execution of all the conspirators. At the same time, some Greek cities ruled by Macedonia rebelled and other threatened to seek independence. Alexander crushed the rebellions and restored Macedonian rule.

Number 1

a. has become
b. becoming
c. becomes
d. became

Answer : became
Tenses yang dipakai adalah past tense, Verb 2 dari 'become' adalah 'became'

Number 2

a. moreover
b. or
c. but
d. and

Answer : C
Bagian yang rumpang diisi dengan kata hubung. Bila dilihat, kata hubung ini memiliki menyatakan fungsi bertentangan. Kata hubung yang memiliki fungsi ini dalah 'but'.

Number 3

a. quick
b. hardly
c. quickly
d. quicken

Answer : C
Kata yang rumpang diisi dengan adverb yang memiliki arti 'secepatnya'. Pilihan yang memiliki arti yang sama adalah 'quickly'.

That's all, sekiranya sampai disini dulu ya pembahasan kita mengenai Tips Mengerjakan Soal Cloze Test. Tunggu postingan kami selanjutnya tentang pelajaran Bahasa Inggris. Selamat Belajar !

6 komentar:

  1. thanks..it's helpful..

    BalasHapus
  2. adakah materi recount?

    BalasHapus
  3. Terima kasih sudah berkunjung, tunggu aja postingan kami selanjutnya

    BalasHapus
  4. Sangat membantu, terutama jelang kenaikan kelas untuk ulangan. terimakasih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama ... terima kasih sudah berkunjung

      Hapus

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner