MENYUSUN BEBERAPA KALIMAT MENJADI PARAGRAF BAHASA INGGRIS

Gratis Belajar Inggris - Selamat belajar kembali di blog kami mengenai menyusun beberapa kalimat menjadi paragraf Bahasa Inggris. Pada kesempatan kali ini kita belajar mengenai beberapa cara untuk menyusun  atau membuat suatu paragraf. Ada satu cara yang sering dipakai dalam membuat paragraf yaitu suatu paragraf harus dibuat secara linier, yang dimulai dari penulisan sesuatu yang umum atau pokok pikiran atau kalimat utama. Selanjutnya, kalimat utama ini diterangkan oleh kalimat-kalimat penjelas. Berdasarkan konsep ini, hubungan antar kalimat perlu dilihat untuk mengetahui susunan kalimat yang tepat agar menjadi paragraf yang utuh. Ada dua jenis kalimat yaitu kalimat yang diterangkan dan kalimat yang menerangkan. Kalimat yang diterangkan sifatnya umum atau mayor dan kalimat yang menerangkan bersifat lebih merinci atau minor. Peran ini tentu saja menentukan posisi kalimat-kalimat dalam paragraf. Kalimat yang menerangkan terletak dibelakang kalimat yang diterangkan. Hal ini dapat diketahui dari penggunaan kata ganti tertentu atau dari kata-kata lain yang dapat menciptakan koherensi teks.

Urutan kegiatan dapat menjadi pertimbangan dalam menentukan susunan yang tepat. Selain itu, kata-kata yang menunjukkan urutan kejadian maupun urutan waktu penting untuk menjadi perhatian untuk menentukan susunan kalimat-kalimat dalam paragraf. Coba perhatikan kalimat acak berikut ini, lalu tentukan susunan yang tepat untuk membuat paragraf yang baik ;

1. You can do this even before you meet him or her.
2. In 2050, everyone in the world will have a personal web page with their information on it.
3. You can check out someone's web page to learn about the person.
4. These web pages will use the five senses ; sight, touch, smell, taste, and hearing.

Pembahasan :

Kalimat 1, 3, dan 4 tidak mungkin menjadi kalimat utama sebab mereka menjelaskan kalimat yang lainnya. Hal ini dapat diketahui dari pemakaian kata this way, his or her, dan these web. Kalimat pertama/ utama adalah nomor 2 sebab kalimat itu masih bersifat umum. Kalimat 4 semestinya menerangkan kalimat nomor 2. Hal ini dapat diketahui  dari pemakaian kata these web. Jadi susunannya menjadi 2-4. Demikian juga kalimat nomor 1 semestinya menerangkan kalimat nomor 3 karena adanya kata him or her yang merujuk pada kata someone. Berdasarkan analisis ini, maka susunan kalimat acak diatas menjadi paragraf yang benar sesuai dengan urutannya yaitu 2-4-3-1 ;

" In 2050, everyone in the world will have a personal web page with their information on it. These web pages will use the five senses ; sight, touch, smell, taste, and hearing. You can check out someone's web page to learn about the person. You can do this even before you meet him or her. "

Sekarang coba perhatikan dan pelajari contoh berikut. Paragraf ini terdiri dari kalimat utama yang menjelaskan pokok pikiran dan kalimat penjelas yang menjelaskan kalimat utama.

" Diamonds are very expensive for several reason. First, they are difficult to find. They are only find in a few places in the world. Second, they are useful. People use diamonds to cut other stones. Third, diamonds do not change over time. They stay the same for millions of years. The last reason is, they are very beautiful. "

Apabila kita sering-sering berlatih membuat paragraf dengan memahami mana kalimat pokok dan mana kalimat penjelas, maka ketika menghadapi soal semacam itu pasti akan mudah kita kerjakan. Namun sebelum belajar menyusun kalimat-kalimat menjadi paragraf, ada baiknya berlatih terlebih dahulu bagaimana menyusun kata-kata menjadi kalimat. Itu tadi pembahasan mengenai menyusun beberapa kalimat menjadi paragraf dengan benar. Semoga bermanfaat.

Pelajaran selanjutnya : Tips Mengerjakan Soal Cloze Test

7 komentar:

  1. Cocok nih pelajaran untuk buat artikel blog berbahasa inggris. Sip gan.mm

    BalasHapus
  2. Thanks ya gan infonya hhe soalnya kalo nyusun kalimat suka berantakan ane hha..
    main-main kesini ya mabesdenny.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2 gan, semoga sukses ngeblognya....

      Hapus
    2. Mifalen susun ke inggris

      Hapus
    3. Mifalen susun ke inggris

      Hapus
  3. Terima kasih ka, artikelnya sangat membantu.

    BalasHapus

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner