SOAL TRY OUT CPNS TAHUN 2014

http://www.hanibi.com/2014/05/soal-try-out-cpns-tahun-2014.html
Soal Try Out CPNS - Selamat datang kembali di blog ini, sebuah blog sederhana yang menyediakan soal-soal CPNS secara gratis baik soal secara online maupun offline dengan mendownload materi yang kami sediakan. Terinspirasi dari banyak website yang memberikan model soal CPNS lewat try out online yang tentu anda bisa mengikutinya dengan menjadi member terlebih dahulu, tidak ada salahnya jika kami juga memberikan try out online soal CPNS secara gratis. Jika tidak ada aral melintang, kami akan selalu menambah soal-soal tersebut secara kontinu. Bila anda merasa soal yang kami berikan masih kurang, anda bisa kok mendaftar di website yang memberikan berbagai macam soal CPNS secara lengkap, anda bisa mendownload sepuasnya dan bisa mengikuti Try Out Online hingga akhir Desember nanti. Silahkan kunjungi alamatnya DISINI.

Untuk soal try out CPNS gratis yang kami berikan ini, kami upload menjadi beberapa tahap. Tiap tahap soal berisi 15 soal pilihan ganda dengan lama waktu mengerjakan 20 menit. Berikut ini gambaran contoh soal yang akan anda kerjakan, untuk selebihnya silahkan klik link soal dibawah postingan ini ;

1. Hubungan atau kaitan antar dasar Negara dengan konstitusi  adalah ….

A. Dasar negara adalah pedoman penyelenggaraan pemerintahan yang dijabarkan lebih lanjut dalam konstitusi.
B. Nilai-nilai yang ada dalam konstitusi lebih lanjut dioperasionalkan dalam dasar Negara.
C. Konstitusi adalah bagian dari dasar Negara
D. Dasar negara tidak bisa dirubah sedangkan konstitusi boleh dirubah.
E. Dasar negara berisi prinsip-prinsip hidup bernegara yang dijabarkan melalui konstitusi ke dalam berbagai aturan hukum.

Jawaban:

E. Dasar negara berisi prinsip-prinsip hidup bernegara yang dijabarkan melalui konstitusi ke dalam berbagai aturan hukum. Hubungan atau kaitan antara dasar negara dengan konstitusi antara lain:
1) Dasar negara merupakan sumber segala sumber hukum (sumber tertib hukum) yang berisi prinsip-prinsip bernegara yang dijabarkan ke dalam suatu konstitusi suatu negara.
2) Dasar negara merupakan suasana kebatinan (Geistlichenhintergrund) dari konstitusi. 3) Dasar negara sebagai cita-cita hukum diwujudkan dalam hukum dasar negara (konstitusi).


2. Sidang BPUPKI I diselenggarakan di Jakarta yang membicarakan….

A. Dasar filsafat negara Indonesia merdeka
B. Lagu kebangsaan Indonesia Raya
C. Rancangan UUD
D. Pelaksanaan proklamasi kemerdekaan Indonesia
E. Presiden dan wakil presiden

Jawaban:

A. Dasar filsafat negara “Indonesia merdeka”.
Pada tanggal 28 Mei 1945, diadakan upacara pelantikan dan sekaligus seremonial pembukaan masa persidangan BPUPKI yang pertama di gedung "Chuo Sangi In", yang pada zaman kolonial Belanda gedung tersebut merupakan gedung Volksraad (dari bahasa Belanda, semacam lembaga "Dewan Perwakilan Rakyat Hindia-Belanda" di masa penjajahan Belanda), dan kini gedung itu dikenal dengan sebutan Gedung Pancasila, yang berlokasi di Jalan Pejambon 6 – Jakarta. Namun masa persidangan resminya sendiri (masa persidangan BPUPKI yang pertama) diadakan selama empat hari dan baru dimulai pada keesokan harinya, yakni pada tanggal 29 Mei 1945, dan berlangsung sampai dengan tanggal 1 Juni 1945, dengan tujuan untuk membahas bentuk negara Indonesia, filsafat negara "Indonesia Merdeka" serta merumuskan dasar negara Indonesia.
 

3. Andi ditangkap polisi karena melakukan tindakan kekerasan yang mengakibatkan seorang anak tewas. Ia dijatuhi hukuman selama 13 tahun penjara oleh pengadilan setempat. Peran pengadilan dalam pengendalian sosial tersebut sesuai dengan kedudukannya sebagai ….

A. Lembaga penegak hukum
B. Tempat menanyakan masalah hukum
C. Badan hukum yang menjaga ketertiban
D. Tempat mengadukan masalah hukum
E. Lembaga yang mengatur kesejahteraan

Jawaban:

A. Lembaga Penegak Hukum
Selain sebagai bagian dari kekuasaan kehakiman yang merdeka untuk menyelenggarakan peradilan guna menegakkan hukum dan keadilan, Pengadilan berfungsi menentukan kepastian hukum bagi para pelanggar norma hukum. Selain itu pengadilan juga bertugas mendamaikan pihak-pihak yang bersengketa dalam urusan perdata. Keputusan yang dikeluarkan pengadilan mengacu kepada ketentuan hukum positif. Namun, sebelum mengambil keputusan, pengadilan menggelar sidang terlebih dahulu. Dalam sidang, pihak penyidik (polisi) mengajukan berkas perkara yang berisi uraian tindak kejahatan secara rinci dengan disertai bukti-bukti dan saksi-saksi.


4. Bentuk negara yang terdiri dari negara-negara bagian, di mana urusan dan kedaulatan negara terbagi dua yaitu pada pemerintah federal dan negara bagian, disebut ….

A. Negara Sistem Desentralisasi
B. Negara Serikat
C. Negara Dominion
D. Negara Uni
E. Negara Kesatuan

Jawaban:

B. Negara Serikat
Dalam memahami bentuk negara; perlu dibedakan dengan bentuk kenegaraan. Dalam pembahasan ini yang dimaksud adalah bentuk negara, bukan bentuk kenegaraan. Bentuk negara secara umum terbagi menjadi dua bagian, yaitu:

a) Negara kesatuan (aniritis), yaitu suatu negara yang memiliki kekuasaan untuk mengatur seluruh wilayah negara dalam satu kekuasaan yaitu pemerintah pusat. Negara kesatuan uniritas terbagi lagi menjadi dua antara lain:
1) negara kesatuan dengan sistem sentralisasi, di mana seluruh kegiatan pemerintah diselenggarakan oleh pemerintah pusat.
2) negara kesatuan dengan sistem desentralisasi, yaitu setiap daerah kekuasaan diberi hak otonomi mengatur daerahnya berdasarkan kebutuhan dan potensi daerah masing-masing.

b) Negara serikat (federasi), yaitu suatu negara yang berdiri atas beberapa negara bagian. Kekuasaan negara terbagi dua bagian, namun kekuasaan asli ada pada negara bagian karena negara bagian berhubungan langsung dengan rakyatnya. Negara bagian hanya menyerahkan sebagian urusannya kepada pemerintah federal (pusat) yang menyangkut kepentingan bersama seperti urusan keuangan, pertahanan negara, pos, telekomunikasi, dan hubunganluar negeri.
 

5. Dalam menghadapi berbagai masalah dan tantangan dewasa ini, perlu diperhatikan beberapa dimensi yang menunjukkan ciri khas dalam orientasi Pancasila, diantaranya dimensi teologis, dengan ciri yaitu …

A. menunjukkan bahwa pembangunan mempunyai tujuan, yaitu mewujudkan cita-cita proklamasi 1945. Dengan demikian dimensi ini menimbulkan dinamika dalam kehidupan bangsa
B. menunjukkan bahwa dalam Pancasila manusia dan martabat manusia mempunyai kedudukan yang sentral, karena seluruh proses pembangunan diarahkan untuk mengangkat derajat manusia
C. menempatkan manusia tidak secara individualis, melainkan dalam konteks strukturnya sehingga manusia harus dilihat dalam keseluruhan sistem yang meliputi masyarakat, dunia, dan lingkungannya
D. ideologi itu mengandung makna bahwa nilai-nilai dasar yang terkandung di dalamnya bersumber dari nilai-nilai yang riil hidup di dalam masyarakat terutama pada waktu ideologi. itu tersebut lahir/dibentuk

Jawaban :

A. menunjukkan bahwa pembangunan mempunyai tujuan, yaitu mewujudkan cita-cita proklamasi 1945. Dengan demikian dimensi ini menimbulkan dinamika dalam kehidupan bangsa. Bahwa Ciri dimensi teleologis menunjukkan bahwa pembangunan mempunyai tujuan, yaitu mewujudkan cita-cita proklamasi 1945. Dengan demikian dimensi ini menimbulkan dinamika dalam kehidupan bangsa. 

Try Out Dengan Sistem CAT Tahun 2014 

Kabar baik bagi anda bahwa telah ada kompetisi soal CPNS dengan sistem CAT dari team kami. Bila ada yang ingin mengikuti Try Out CPNS secara online dari team pusat kami, segera daftarkan diri anda DISINI. Try out ini sudah dilaksanakan sejak tahun 2013 dan setiap bulan akan diadakan try out khusus member sampai akhir bulan Desember 2014. Hadiah utama / reward utama bagi pemenang adalah Apple Ipod Suffle dan masih banyak lagi. Ayo buruan, tunggu apalagi !

Sampai disini dulu postingan kami mengenai soal Try Out CPNS secara gratis. Semoga bisa bermanfaat bagi para pengunjung yang hadir di blog ini. Salam sukses !


6 komentar:

  1. (Srimuliani Handoyokusumo; Lolos PNS Guru di lingkungan Kemenag Berau)

    Berawal dari keinginan kuat untuk mengikuti test tertulis CPNS yang dilaksanakan oleh PEMDA Berau dimana saya tinggal, saya pun ikut berpartisipasi mengkutinya. Namun sebenarnya bukan sekedar hanya berpartisipasi tapi terlebih saya memang berkeinginan untuk menjadi seorang PNS. Waktu pun terus berjalan, karena tertanggal 5 Desember 2013 yang lalu saya pun mengikuti Test CPNS yang diselenggarakan oleh PEMDA Berau dengan harapan yang maksimal yaitu menjadi seorang PNS. Kini tanggal 18 Desember 2013, pengumuman test kelulusan tertulis itu diumumkan. Dengan sedikit rasa was-was dan bercampur tidak karuan menyelimuti pikiranku. Rasa pesimisku memang timbul, karena pengumuman yang di informasikan adalah tertanggal 11 Desember 2013 namun di undur tanggal 18 Desember 2013. Dengan mengucapkan BISMILLAH, aku pun masuk ke halaman kantor BKD untuk melihat hasil pengumuman test tertulis CPNS. Dan Syukur Alhamdulillah saya pun LULUS diurutan ke 3 dari 1 formasi yang aku ikuti di Kabupaten Berau Kalimantan Timur. Dan berikut peringkat screen shoot yang saya jepret menggunakan Ponsel kesayangku.

    Puji Syukur tak henti-hentinya aku panjatkan ke Hadirat Allah SWT, atas rezeki yang diberikan kepadaku. Semua hasil ini saya ucapkan terimakasih kepada :

    1. ALLAH SWT; karena KepadaNya kita mengemis dan memohon.

    2. Suami dan Anak [DikMa]; Dukungan Do’anya sangat berharga dalam pencapaian saat ini.

    3. Orang Tua, Saudara-saudaraku; Tetap mensupport aku selama 3 bulan terakhir ini, terimakasih Mama, terima kasih Kakak Perempuan ku, terima kasih Kakak Laki-laki ku tak terlepas juga buat teman-temanku terimakasih semuanya.

    4. Terimakasih untuk khususnya Bpk.IR.AGUS SUTIADI M.SI beliau selaku petinggi BKN PUSAT,dan dialah membantu kelulusan saya selama ini,alhamdulillah SK saya tahun ini bisa keluar.anda ingin LULUS seperti saya silahkan anda hubungi nomor bpk IR.AGUS SUTIADI M.SI,0852-3687-2555.

    BalasHapus
  2. Bagi para pengunjung yang belajar disini, mohon hati2 jika anda menemukan komentar yang mirip dengan kalimat diatas, jgn terkecoh karena itu semua adalah bohong ..... kami sengaja untuk tidak menghapusnya agar pengunjung tahu bahwa ini adalah model penipuan yang byk dijumpai didunia maya...

    BalasHapus
  3. terimakasih kak hanibi... soal2 nya bagus, semoga saya lolos jadi PNS taun ini dan untuk yang pertama kalinya.. :-) aminnnnn

    BalasHapus
  4. AMIN ... sama2, semoga anda lolos tes CPNS tahun ini

    BalasHapus
  5. permisi... Terima Kasih atas soal2 latihannya yg semua serba free

    maaf, boleh request TKB tenaga pendidik?

    Terima Kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan copy link berikut ini untuk mengunduh soal TKB Tenaga Pendidik ;
      http://www.hanibi.com/2013/10/soal-cpns-tkb-tenaga-pendidik.html#.U_3JFaP4_IV

      Hapus

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner