PENGGUNAAN SOME, ANY, MANY, MUCH, A LOT OF

Belajar Bahasa Inggris - Pada postingan kali ini kami akan membahas pelajaran Bahasa Inggris mengenai penggunaan some, any, many, much, dan a lot of. “Some” dan “any” mempunyai arti yang sama yaitu “beberapa” tetapi dalam penggunaan didalam kalimat tidaklah sama. “Many, much, a lot of” mempunyai arti yang sama yaitu “ banyak” tetapi didalam penggunaannya didalam kalimat juga tidaklah sama. Untuk lebih jelasnya dibawah ini akan kami uraikan pembahasannya secara detail satu persatu. Jika anda ingin mendownload/ mengunduh pembahasan ini beserta contoh soal, jangan khawatir sudah kami berikan link download dibawah postingan ini atau bisa juga lewat fanpage kami. Setelah kami uraikan penjelasan ini di lain kesempatan akan kami berikan beberapa contoh soal yang menyangkut materi ini secara online. So stay tune here !

1. Some [ beberapa ]

Some/ beberapa digunakan pada kata benda yang bisa dihitung [countable noun] dan tidak bisa dihitung [uncountable noun] tetapi penggunaanya hanya pada kalimat positif saja.

Example 1

[ + ] Mother brought some apples yesterday.

Perhatikan pada kata yang digaris bawahi “some” didalam kalimat “Mother brought some apples yesterday”. Kata “some” mengikuti benda yang bisa dihitung/ countable noun yaitu apples

Example 2

[ + ] The seller pour some milk into the porridge. 

Perhatikan pada kata yang digaris bawahi “some” didalam kalimat “The seller pour some milk into the porridge”. Kata “some” mengikuti benda yang tidak bisa dihitung/ uncountable noun yaitu milk. 

2. Any [ beberapa ]

Any/ beberapa digunakan pada kata benda yang bisa dihitung [countable noun] dan tidak bisa dihitung [uncountable noun] dan penggunaanya pada kalimat negatif [-] dan interrogative [?].

Example 1

[ - ] Mother doesn’t buy any apples.

Perhatikan pada kata yang digaris bawahi “any” didalam kalimat “Mother doesn’t buy any apples”. Kata “any” mengikuti benda yang bisa dihitung/ countable noun yaitu apples.

Example 2

[ ? ] Do yo have any money ?

Perhatikan pada kata yang digaris bawahi “any” didalam kalimat “Do yo have any money ?”. Kata “any” mengikuti benda yang bisa tidak bisa dihitung/ uncountable noun yaitu money.

3. Many [ banyak ]

Many/ banyak digunakan hanya pada kata benda yang bisa dihitung [countable noun] dan penggunaanya pada kalimat positif [+], negatif [-],  dan interrogative [?].

Example 1

[ + ] Joni has many T-shirt in the cupboard.

Perhatikan pada kata yang digaris bawahi “many” didalam kalimat “Joni has many T-shirt in the cupboard”. Kata “many” mengikuti benda yang bisa dihitung/ countable noun yaitu T-shirt.

Example 2

[ - ] There are not many chairs in the classroom.

Perhatikan pada kata yang digaris bawahi “many” didalam kalimat “There are not many chairs in the classroom”. Kata “many” mengikuti benda yang bisa dihitung/ countable noun yaitu chairs.

Example 3

[ ? ] Do you see many desks in the classroom ?

Perhatikan pada kata yang digaris bawahi “many” didalam kalimat “you see many desks in the classroom ?”. Kata “many” mengikuti benda yang bisa dihitung/ countable noun yaitu desks.

4. Much [ banyak ]

Much/ banyak digunakan hanya pada kata benda yang tidak bisa dihitung [uncountable noun] dan penggunaanya pada kalimat positif [+], negatif [-],  dan interrogative [?].

Example 1

[ + ] There is much ink in the bottle. (edited)

Perhatikan pada kata yang digaris bawahi “much” didalam kalimat “There is much ink in the bottle”. Kata “much” mengikuti benda yang tidak bisa dihitung/ uncountable noun yaitu ink.

Example 2

[ - ] I don’t have much money anymore.

Perhatikan pada kata yang digaris bawahi “much” didalam kalimat “I don’t have much money anymore”. Kata “much” mengikuti benda yang tidak bisa dihitung/ uncountable noun yaitu money. 

Example 3

[ ? ] Does mother need much salt.

Perhatikan pada kata yang digaris bawahi “much” didalam kalimat “Does mother need much salt”. Kata “much” mengikuti benda yang tidak bisa dihitung/ uncountable noun yaitu salt.

5. A lot of [ banyak ]

A lot of/ banyak digunakan pada kata benda yang bisa dihitung [countable], dan tidak bisa dihitung [uncountable noun] namun penggunaanya hanya pada kalimat positif [+] saja.

Example 1

[ + ] There are a lot of shoes in the shoe shop.

Perhatikan pada kata yang digaris bawahi “a lot of” didalam kalimat “There are a lot of shoes in the shoe shop”. Kata “much” mengikuti benda yang bisa dihitung/ countable noun yaitu shoes.

Example 2

[ + ] Shinta needs a lot of money to buy a car.

Perhatikan pada kata yang digaris bawahi “a lot of” didalam kalimat “Shinta needs a lot of money to buy a car”. Kata “much” mengikuti benda yang tidak bisa dihitung/ uncountable noun yaitu money.

Baca juga : Belajar Angka Dalam Bahasa Inggris

Sampai disini dulu pembahasan mengenai Some, Any, Many, Much, dan A lot of. Klik link dibawah ini jika anda ingin mengerjakan soal online Bahasa Inggris : Some, Any, Many, dan Much. Selamat belajar !
 

2 komentar:

  1. Seumpama ada kalimat Boating is a great adventure on any type of boat. Berarti salah dong, harus mengganti any dengan some?

    BalasHapus
    Balasan
    1. We can use "any" in positive sentences when we mean it doesn't matter, 4 example ;
      - You can come and ask for my help any time. [source ; esl.fis.edu ]

      Hapus

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner