CONTOH SOAL CPNS TKD HONORER BAG 2

www.hanibi.com
Hallo sobat hanibi, tak sabar menunggu update terbaru dari kami? Mumpung hari libur kami sempatkan waktu untuk postingan terbaru yang merupakan kelanjutan dari soal Contoh Soal CPNS TKD HONORER yang pernah kami posting sebelumnya. Materi kali ini masih sama, yaitu terdiri dari 10 soal yang mana disetiap soal kami berikan jawaban yang benar beserta pembahasan singkat didalamnya. Jika anda yang belum pernah mengerjakan soal sebelumnya, silahkan kunjungi postingan dengan judul Contoh Soal CPNS TKD HONORER dan bila ingin mendapatkan materi ini secara gratis beserta kunci jawaban dan pembahasan, silahkan kunjungi ke fanpage kami.

CONTOH SOAL DAN PEMBAHASAN

1. Pancasila sebagai ideology bangsa mengandung arti sebagai ….
a.  Cita-cita bangsa
b.  Kepribadian bangsa
c.  Dasar dalam menata Negara
d.  Perjanjian
e.  Pedoman bangsa

Jwb : C
Pembahasan : Dasar dalam menata Negara agar dapat mewujudkan cita Negara sesuai dengan Pancasila.

2. Pancasila sebagai ideology terbuka memiliki cirri khas yaitu :
a.  Dibenarkan melakukan pengorbanan.
b.  Tidak diciptakan
c.  Terdiri atas tuntutan.
d.  Isinya tidak operasional.
e.  Tidak bersifat kaku.

Jwb : D
Pancasila  sebagai  ideology  terbuka  cirri khasnya  isinya  tidak operasional, dan akan menjadi operasional jika sudah dijabarkan ke dalam peraturan perundangan.

3. Kewarganegaraan  seseorang  yang  ditetapkan menurut  pertalian  darah  orang  tuanya adalah asas …..
a.  Naturalisasi
b.  Ius sanguinis
c.  Staatenloos
d.  Kewarganegaraan rangkap
e.  Ius soli

Jwb : B
Pembahasan  :  Berdasarkan  asas  Ius sanguinis,  seseorang  menjadi  warga  Negara suatu Negara dikenakan adanya pertalian darah dengan tuanya.

4. Agresi militer II terjadi dikarenakan Belanda mengingkari perundingan ….
a.  Linggarjati
b.  Renville
c.  Roem royem
d.  Giyanti
e.  Meja Bundar

Jwb : A
Pembahasan :
Belanda mengingkari  perundingan  Linggarjati,  terbukti  pada  tanggal 21 Juli 1947, melancarkan  Agresi  Militer 1

5. Dampak  politik  Pintu  Terbuka  yang  diterapkan  pemerintah  colonial  Belanda  pada paruh kedua abad XIX antara lain ….
a.  Indonesia mulai dikenal didunia dengan hasil perkebunan yang berlimpah.
b.  Rakyat Indonesia mulai mengenal perdagangan Internasional
c.  Rakyat mulai dibebani pajak oleh pemerintah colonial.
d.  Rakyat mulai mengembangkan tanaman industri untuk dijual pada investor asing.
e.  Indonesia menjadi ajang eksploitasi modal asing.

Jwb : E
Pembahasan :
Dampak  yang  paling  dirasakan  oleh  bangsa  Indonesia  dengan  adanya  politik Pintu Terbuka mulai tahun 1870 adalah Indonesia menjadi ajang eksploitasi modal asing. Banyak  perusahaan  swasta  Belanda/Onderneming  yang  menanamkan  usahanya  di Indonesia dan memperoleh keuntungan yang berlimpah.

SOAL ONLINE TKD HONORER BAGIAN 2

Berikut kami berikan link soal online CPNS TKD Tenaga Honorer. Silahkan klik link dibawah ini untuk mulai mengerjakan. Semoga bisa menjadi manfaat bagi yang memerlukannya. Namun bila anda tertarik ingin membeli soal CPNS yang lebih lengkap silahkan kunjungi disini.

LINK SOAL I


LINK SOAL II


 

5 komentar:

  1. Terima kasih banyak untuk admin yang telah berbagi, postingan ini sangat bermanfaat sekali bagi kita semua..

    BalasHapus
  2. Trimakasih sudah berkunjung kawan ...

    BalasHapus
  3. jawaban utk soal no.3 bukannya ius sanguini? ius soli = berdasarkan tempat kelahiran...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih ats komentarnya, sudah kami ralat ..... trims dh berkunjung

      Hapus
  4. KISAH SUKSES Lolos Jadi PNS Guru di Lingkungan Pemda daerah SULAWESI TENGGARa.assalamu Alaikum wr wb-, Saya Ingin Berbagi cerita kepada Anda, Bahwa dulunya Saya hanya Seorang tenaga Honorer di Sekolah Dasar KOLAKA SULAWESI TENGGARA. Sudah 8 Tahun Saya Jadi Tenaga honorer Belum diangkat Jadi PNS,Bahkan Saya Sudah berkali2 mengikuti Ujian, Dan membayar 40jt namun hasilnya nol Uang pun TIDAK Kembali, bahkan Saya Sempat putus asa,Namun Teman Saya memberikan no tlp Bpk.Drs DEDE JUNAEDY M.Si Selaku petinggi di BKN Pusat Yang di Kenalnya selaku kepala DIT Pengadaan PNS. Saya pun coba menghubungi beliau Dan beliau menyuruh Saya mengirim Berkas Saya melalui Email, Alhamdulillah No Nip Dan SK Saya Akhirnya Keluar. Allhamdulillah tentunya sy pun Sangat Gembira sekali,Jadi apapun keadaan Anda skarang Jangan Pernah putus asa Dan Terus berusaha, kalau Sudah Waktunya tuhan pasti kasih jalan,Ini Adalah kisah Nyata Dari Saya. Untuk hasil ini Saya ucapkan terimakasih kepada.1. ALLAH SWT; Karena KepadaNya kita meminta Dan memohon. 2. Terimakasih untuk khususnya Bpk. Drs DEDE JUNAEDY M.Si Di BKN PUSAT, Dan Dialah Yang membantu Kelulusan saya, Alhamdulillah SK Saya Tahun ini Bisa keluar. Teman Teman yg ingin seperti Saya silahkan Anda Hubungi Direktorat Pengadaan PNS, Drs DEDE JUNAEDY .No Tlp; 0823 -4888-3717, Siapa tau beliau Masih mau membantu

    BalasHapus

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner