MARI BELAJAR DESCRIPTIVE TEXT

Descriptive text
Pernahkah kalian mendeskripsikan atau menggambarkan seseorang, benda, atau tempat? Bila pernah, tentang apa yang kalian deskripsikan atau gambarkan? Dalam menggambarkan sesuatu, orang, atau tempat pastinya kita akan memperkenalkan apa yang akan kita deskripsikan terlebih dahulu. Setelah itu baru penjelasan secara detail mengenai benda tersebut. Kali ini kita akan belajar mengenai Type of text yang menyangkut dengan penjelasan diatas, yaitu Descriptive Text. Pertama yang akan kita pelajari yaitu mengenai pengertian dari Descriptive Text. Yang ke dua mengenai Generic structure atau struktur teksnya, yang ke tiga adalah Lexico grammatical feature. Dan yang terakhir kita akan belajar menganalisa contoh sebuah teks sehingga kita dapat memahami dan mempraktekkannya.

A. Pengertian Descriptive text

Apa itu Descriptive Text? Descriptive Text adalah text yang mendeskripsikan atau menggambarkan benda, orang, tempat tertentu. Disini kita tidak hanya menjelaskan bentuk fisiknya saja namun juga bisa sifat dan jumlah.

B. Struktur teks [generic structure]
  1. Identification : untuk Menunjukkan benda, orang, atau tempat tertentu yang akan dideskripsikan.
  2. Description : Berisi gambaran yang berupa bentuk, ukuran, warna, ciri-ciri lainnya yang membedakannya dengan yang lain.
Di dalam Descriptive Text, Identification terletak di awal paragraf sedangkan Description berada di paragraf selanjutnya dan bisa lebih dari 1 paragraf. 

C. Lexico grammatical feature
 
Lexico grammatical feature atau ciri bahasa dari Descriptive Text adalah seringnya menggunakan kalimat the simple present tense khususnya dengan menggunakan "have/ has atau be [is, am, are]". Selain itu juga dalam Descriptive Text terdapat banyak kata Adjective [kata sifat] yang berfungsi untuk mendeskripsikan ciri fisik dari suatu benda.

D. Contoh Descriptive text

Descriptive Text

Setelah kita membaca Descriptive Text sederhana diatas, mari kita analisa teks tersebut :

1. What is the purpose of the text?

Siapa yang bisa jawab hayo ?? yups, jawabannya adalah To describe certain things, person or place [untuk mendeskripsikan benda, orang, tempat tertentu].

2. What is generic structure of the first paragraph?"

Coba perhatikan pertanyaannya, disitu yang ditanyakan hanya Paragrap 1. Sedangkan Generic structure dari Descriptive Text yang berada di awal paragraf adalah "Identification" jadi jawabannya adalah "Identification".

3. Write them down all adjectives in the text  above !

Kata sifat yang ada didalam teks diatas antara lain : playful, black, naughty, clever, cute, long, small, fat.
Cobalah untuk memperbanyak hafalan mengenai kata sifat, cara yang paling baik dalam menambah kosakata khususnya kata sifat yaitu dengan belajar Antonin atau lawan kata. Karena Adjective biasanya selalu mempunyai lawan kata. Sampai disini kita belajar mengenai Descriptive Text, lain waktu kita akan membahas macam-macam teksnya.


Happy studying !


0 comments:

Posting Komentar

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner