PROCEDURE TEXT

Genre - Pernahkah kalian memperhatikan barang yang kalian beli?. Barang yang biasanya bisa kita buat atau gunakan dengan mengikuti langkah-langkahnya/ cara penggunaanya?. Kita sering menjumpai pada bungkusnya terdapat petunjuk/ direction for use. Misal kita membeli Sarimi, coba lihatlah kemasan dibelakangnya. Disitu terdapat petunjuk cara penyajiannya. Petunjuk bisa berupa teks atau gambar, nah itulah yang dinamakan Procedure. A procedure tells how to do or make something. Teks procedure bertujuan menerangkan bagaimana membuat/ melakukan sesuatu berdasarkan serangkaian langkah atau kegiatan (steps).


Struktur teks procedure :
  1. Aim/ goal (tujuan) : dapat berupa judul.
  2. Materials              : bahan dan alat yang diperlukan. Namun tidak semuateks procedure memerlukan tahap ini. Bagian ini dapat diberi label "You'll need, Ingredients, atau Supplies needed".
  3. Steps                  : langkah-langkah untuk melakukan kegiatan (teks procedure). 

Ciri-ciri teks procedure :
  • Menggunakan the simple present tense berbentuk imperatif
  • menggunakan kata penghubung temporal, seperti first, second, then, next, finally.
  • menggunakan action verbs, seperti turn on, stir, cook.

Example :



Questions :

1. How many times do we have to fold the paper?

a. 6
b. 5
c. 4
d. 3

Pembahasan :

Berdasarkan procedur dalam teks tersebut, diketahui bahwa kita harus melipat kertas (fold the paper) sebanyak lima kali. Hal itu terdapat dalam "What to do" yang menyebutkan langkah melipat sebanyak lima kali. Jadi, jawaban yang paling tepat adalah B.

2. How many steps shoud we follow to make a good paper boat or hat mentioned in the text?

a. 7
b. 6
c. 5
d. 4

Pembahasan :

Jawaban dapat disimpulkan dari bagian "what to do" yang merupakan langkah-langkah pembuatan perahu/ topi tersebut. Disitu tertulis ada enam langkah. Jadi, jawabannya adalah B yang paling tepat.

Sampai disini dul pembahasan kita mengenai Teks Procedure (Procedure Text). Tunggu postingan kami selanjutnya dilain waktu. Selamat belajar.

0 comments:

Posting Komentar

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner