CONTOH SOAL DAN PEMBAHASAN CPNS : TES LOGIKA ARISMETIK BAG. 2

Soal CPNS - Halo sobat hanibi, kita lanjutkan kembali ulasan seputar soal-soal CPNS Tes Logika Arismetik terbaru. Sudah lama kami tidak posting contoh-contoh soal CPNS di blog ini. Tes ini masih merupakan soal CPNS Tes Inteligensi Umum dengan model soal berbentuk cerita. Soal semacam ini kita harus membacanya dengan teliti karena didalamnya biasanya terdapat kalimat yang membingungkan. Contoh soal kali ini bisa dibilang sulit tapi bila kita cermati secara tepat akan lebih mudah. Nah, bagi anda yang belum membaca postingan kami sebelumnya, silahkan dibaca postingan kami yang berjudul : CONTOH SOAL DAN PEMBAHASAN CPNS : TES LOGIKA ARISMETIK BAG. 1. Jika sudah mari kita lanjutkan pembahasan soal CPNS Tes Logika Arismetik yang ke-2. Silahkan baca dan pelajari dengan seksama bentuk soal berikut dibawah ini. ;

Soal Tes Berbentuk Cerita

Di gudang pak Joni memiliki tumpukan kardus mie instan. Pada tumpukan paling atas terdapat 8 dus mie instan, dibawahnya ada 10 tumpukan, begitu seterusnya setiap tumpukan dibawahnya selalu lebih banyak 2 dus daripada dus tumpukan diatasnya. Jika terdapat 15 lapisan tumpukan dus mie instan, maka banyaknya tumpukan dus mie instan pada lapisan terbawah adalah ...?

a. 35 dus
b. 38 dus
c. 36 dus
d. 40 dus

Pembahasan Soal CPNS

Diketahui ;

- terdapat 15 lapisan tumpukan dus mie instan.
- tumpukan paling atas 8 dus mie instan dan dibawahnya 10 tumpukan.
- setiap tumpukan dibawahnya lebih banyak 2 dus daripada tumpukan diatasnya.

Ditanya ;

Berapa banyak tumpukan dus mie instan pada lapisan paling bawah ?

Jawaban ;

Akan lebih mudah dipahami bila kita buat gambar sesuai dengan soal diatas, seperti gambar dibawah ini ;














Dari gambar diatas, setiap dus mie instan kebawah ditambah 2, jadi jumlah dus mie instan yang ke 15/ terbawah adalah ;

= 10 + (2 x sisa tumpukan dus mie instan kebawah)
= 10 + (2 x 13)
= 10 + 26
= 36


Jadi jawaban yang tepat untuk soal diatas adalah C. 36 dus. Jika anda ingin melihat video pembahasan soal ini dengan cara yang berbeda, bisa anda kunjungi di Learning 20.

Oke, sampai disini dulu pembahasan kita mengenai Soal CPNS Tes Inteligensi Umum ke 2. Kabar baik bagi anda bahwa akan segera dibuka kembali kompetisi soal CPNS dengan sistem CAT dari team kami. Bila ada yang ingin mengikuti Try Out CPNS secara online dari team pusat kami, segera daftarkan diri anda DISINI. Try out ini sudah dilaksanakan sejak tahun 2013 dan setiap bulan akan diadakan try out khusus member Tahun 2015.

0 comments:

Posting Komentar

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner