7 CARA KREATIF MENINGKATKAN KETERLIBATAN SISWA DI DALAM KELAS

http://www.hanibi.com/2015/03/7-cara-kreatif-meningkatkan.html
Info Guru - Selamat datang di blog kami kembali. Kali ini kami share tentang 7 Cara Kreatif Meningkatkan Keterlibatan Siswa di Dalam Kelas. Jika anda seorang guru, tentunya pernah menemukan beberapa siswa dimana para siswa tersebut mengalami kesulitan ikut aktif pada saat pelajaran berlangsung di dalam kelas. Mengajar dengan metode lama akan terasa sangat membosankan. Misalnya, guru hanya mengajar di depan kelas sambil duduk dan membacakan materi pelajaran di depan kelas. Mengajar dengan cara seperti itu akan membuat siswa bosan apalagi jika gurunya terkenal killer maka yang terjadi materi pelajaran tidak masuk di pikiran para siswa karena situasi di dalam kelas terasa kaku. Seharusnya siswa diajak untuk melihat, bertanya, menalar, dan berdiskusi seperti dalam kurikulum 2013. Ada banyak cara dan metode mengajar yang lebih kreatif seperti dengan menggunakan alat bantu semisal benda atau gambar. Berikut 7 cara kreatif meningkatkan keterlibatan siswa di dalam kelas ;

1. Biarkan Para Siswa Memilih Materi

Coba berikan beberapa opsi materi untuk dipilih siswa mana materi yang akan diajarkan. Sudah umum anda sebagai guru yang menentukan apa yang akan diajarkan, namun lebih baik kita coba biarkan para siswa yang menentukan. Misal, anda bisa menggunakan papan saran untuk para siswa memilih materi.

2. Buatlah Permainan di Dalam Kelas

Belajar sambil bermain akan sangat menyenangkan bagi siswa, akan tetapi permainan tersebut juga harus disesuaikan dengan materi pelajaran yang diajarkan di kelas. Yang harus diperhatikan lagi adalah tujuan dari pembelajaran tersebut, sehingga bukan cuma bermain saja yang didapat oleh siswa.

Buatlah lencana penghargaan seperti level 1, level 2, level 3, dan seterusnya. Ibarat permainan game, berikan beberapa peluang atau kesempatan kepada siswa. Tujuannya adalah agar siswa lebih bersemangat dalam belajar.

Tempatkan pula papan progres di dinding untuk memperlihatkan kemajuan pada para siswa di kelas. Dan yang lebih penting lagi, guru wajib merangkul atau melakukan pendekatan kepada siswa yang gagal atau tertinggal dari teman-teman lainnya. Berikan motivasi untuk menumbuhkan etos belajar anak lebih giat lagi.

3. Berikan Dorongan Pada Anak Rasa Percaya Diri

Mulailah dengan memberikan soal cepat yang mudah diselesaikan oleh semua siswa. Dengan memberikan awal soal yang mudah, siswa akan merasa percaya diri untuk mengerjakan soal berikutnya. Misalnya ; di dalam group menemukan kesalahan pada materi tertulis yang ada di papan. Jika sudah siap, segera beritahu kepada guru dengan memberikan tanda sinyal seperti mengacungkan jari.

4. Metode Belajar 10 : 2 

Maksud dari 10 : 2 adalah 10 menit guru memberikan instruksi kemudian 2 menit siswa melakukan proses dengan berdiskusi antar sesama teman. Kemudian siswa diminta menuliskan ringkasan materi singkat kemudian berikan waktu untuk bertanya kepada para siswa.

5. Dorong Siswa Untuk Berdiskusi Aktif

Biarkan murid memilih untuk berdiskusi aktif bersama teman kelas yang mereka inginkan dan mintalah mereka untuk mempertahankan atau menyiapkan jawaban yang telah mereka sepakati.

6. Mencari Umpan Balik Dari Siswa (Students Feedback)

Setiap siswa pastinya mempunyai opini masing-masing maka dari itu biarkan mereka menyuarakan opini atau pendapat pada saat sesi diskusi. Disini peran guru hanya mengamati tidak diperbolehkan ikut didalamnya.

7. Gunakan Visual Berbentuk Gambar

Belajar dengan menggunakan bantuan gambar akan lebih mudah dipahami oleh siswa. Telah terbukti jika dengan menggunakan visual berbentuk gambar atau kartun saat mengajar dapat membantu siswa memahami topik dengan lebih mudah dan jelas daripada hanya menggunakan power point tanpa gambar atau text dalam buku.

Sampai disini dulu postingan kami tentang 7 Cara Kreatif Meningkatkan Keterlibatan Siswa di Dalam Kelas. Semoga 7 cara tersebut bisa bermanfaat dan kami tunggu anda berkomentar dibawah ini demi menambah kesempurnaan postingan ini. Terima kasih

0 comments:

Posting Komentar

Peraturan Komentar :
> No link aktif ( Link aktif Tidak akan di tampilkan )
> Sesuai topik artikel
> Kritik dan saran membangun akan admin terima
> Saya akan berusaha berkunjung balik ke blog sobat

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner