NILAI MORAL DAN TUJUAN KOMUNIKATIF TEKS BAHASA INGGRIS

Belajar Bahasa Inggris - Kita lanjutkan kembali pelajaran Bahasa Inggris Dasar hari ini mengenai Nilai Moral dan Tujuan Komunikatif Teks dalam Bahasa Inggris. Nilai moral bisa kita temukan pada teks yang biasanya berbentuk Narrative yang diakhir sebuah cerita si penulis menyampaikan pesan moral yang patut untuk kita teladani. Sedangkan tujuan komunikatif bisa kita temukan jika kita memahami jenis-jenis teks terlebih dahulu, disitu penulis menyampaikan pesan atau maksud tertentu yang hendak disampaikan kepada si pembaca. Kita bisa mengetahui tujuan komunikatif tersebut melalui struktur teks dan grammar yang digunakan. Masih banyak sekali para siswa yang bingung membedakan antara teks Narrative dengan Teks Recount, Teks Descriptive dengan Teks Report, sehingga saat mencari tujuan komunikatif teks tersebut mengalami kendala. Namun kita bisa membedakan jenis-jenis teks tersebut dengan mengenali struktur teks yang digunakan. Untuk lebih jelasnya, berikut admin uraikan pembahasan kali ini mengenai Nilai Moral dan Tujuan Komunikatif Teks :

1. Nilai Moral Teks ( Moral Value of the Text)

Kemampuan memahami nilai moral sering kita jumpai dalam soal Ujian baik Ujian Akhir Sekolah (UAS) maupun Ujian Nasional (UN), khususnya untuk teks yang berbentuk Narrative. Pertanyaan yang sering dipakai untuk menanyakan nilai moral, misalnya :

  • What is of the moral value of the text ?
  • What can you learn from the text ?
  • The moral value of the text above is ?

Nilai moral bisa kita temukan atau dipahami dari kata-kata yang digunakan diakhir teks. Pada bagian ini biasanya menunjukkan perbuatan-perbuatan yang patut untuk diteladdani atau perlu diperhatikan. Namun bisa juga pada bagian akhir teks tidak dinyatakan secara langsung nilai moralnya sehingga kita menarik kesimpulan sendiri tentang nilai moral apa yang hendak disampaikan oleh pengarang tersebut.

2. Tujuan Komunikatif Teks (The Purpose of the Text)

Setiap teks dibuat mempunyai maksud tertentu yang hendak disampaikan kepada pembaca. Pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul baik Ujian Akhir Sekolah (UAS) maupun Ujian Nasional (UN), seperti :

  • What is the social function of the text ?
  • What is the purpose of the text ?
  • What does the writer write the text for ?

Berikut ini tujuan komunikatif teks esai pendek yang penting untuk dipelajari sehingga nantinya akan mempermudah kita untuk mengetahui tujuan dari jenis-jenis teks tersebut :

A. Procedure Text

To explain how to do something, how to make something, how to get somewhere. To describe how something is made/ played, etc.

B. Describtive Text

To tell about the subject by describing its features without including personal opinion. To describe a person, a place or a thing to the readers.

C. Recount Text

To provide the audience with a description of what accured and when it accured. To retell one's experience to the readers with the purpose of informing or entertaining.

D. Narrative Text

To provide entertainment and to make the audience think about an issue, teach them a lesson, or excite their emotions. To amuse/ entertain the readers.

E. Report Text

To classifiy and/ or describe using facts about the subject's parts, behavior, and qualities. To describe the way a thing or an animal is.

Teks Report dan Teks Descriptive sekilas sama namun sesungguhnya keduanya berbeda. Teks Report membahas sesuatu secara umum sebagai hasil penelitian orang dan kesimpulan yang dibuatnya, misal bacaan entang "The Cat", maka penulis akan menulis tentang "Cat" secara umum sebagai hasil penelitiannya. Sedangkan teks Descriptive menggambarkan sesuatu yang bersifat khusus yang diketahui oleh seseorang, yang biasanya ditandai dengan kata-kata seperti " My ....", "John's .....". Misalnya teks tentang "My Cat", maka penulis hanya akan menggambarkan kucing. Ia tidak akan berbicara tentang "Cat" secara umum. Tujuan penulisan tentang "The Cat" dan "My Cat" tentu saja berbeda sebab yang "The Cat" berbentuk Teks Report dan "My Cat" berbentuk Teks Descriptive".

Berbeda denga teks fungsional pendek (Notice, Greeting Card, Invitation, Annoucement, dan lain-lain) tujuan komunikatifnya sangat tergantung dengan isi dari masing-masing teks tersebut. Tujuan komunikatif teks jenis ini baru jelas setelah kita membaca isinya.

Sampai disini dulu pembahasan kita mengenai Nilai Moral dan Tujuan Komunikatif Teks Bahasa Inggris Dasar. Untuk pertanyaan lebih lanjut mengenai pembahasan kali ini, silahkan tulis dikolom komentar. Selamat belajar.


1 komentar:

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner