PANDUAN DAN MEKANISME VERVAL PD KEMENAG

Berita Pendidikan - Berikut ini admin share mengenai Panduan dan Mekanisme Verval PD Kemenag Tahun 2015. Pada dasarnya siswa wajib memiliki NISN karena nomor unik tersebut sangatlah penting sebagai identitas para siswa disaat Ujian Nasional dan digunakan  untuk identitas pengisian ijasah baik itu ditingkat MI, MTs, MA hingga perguruan tinggi. Panduan verval PD Kemenag ini berisi diantaranya bagaimana menggunakan aplikasi tersebut untuk mengetahui data per siswa yang sudah memiliki NISN (terdapat pada menu Sekolah) dan untuk mengetahui data siswa per sekolah yang belum diverifikasi NISN-nya dan harus dikelola oleh operator verval PD Kemenag (terdapat ada menu Residu). Selain itu juga terdapat fitur yang berfungsi sebagai fasilitas untuk mengajukan perubahan NISN dan juga merubah identitas siswa (nama dan tanggal lahir). Pengajuan perubahan dilakukan oleh operator Kemenag Kabupaten/Kota sesuai dengan permintaan dari madrasah. Data yang bisa diedit adalah data siswa yang sudah masuk ke dalam data referensi Verval PD Kemenag. Oke, sebelum anda para operator sekolah mengisi data sekolah anda, ada baiknya mengenal fitur - fitur yang terdapat dalam Aplikasi Verifikasi PD Madrasah terlebih dahulu. Fitur yang terdapat di dalam verval PD Kemenag tersebut diantaranya yaitu :

1. HOME

Home merupakan tampilan awal aplikasi Verval PD Kemenag.

2. DASHBOARD

Berfungsi menampilkan dashboard Verval PD Kemenag, yang menggambarkan perbandingan antara data siswa di menu referensi dan menu residu baik menurut jumlah maupun persentase siswa.

3. SEKOLAH

Berfungsi  menampilkan data siswa per sekolah yang sudah memiliki NISN. Data ditampilkan sesuai dengan kewenangan user (jabatan saat registrasi di laman Jaringan Pengelola Data Pendidikan/SDM, baik itu Madrasah, Kabupaten/Kota, Propinsi, atau Pusat).

4. REFERENSI

Berfungsi menampilkan data siswa per madrasah yang sudah memiliki NISN dan dilengkapi juga dengan tombol UNMATCH, tombol yang berfungsi untuk mengembalikan data siswa dari menu referensi ke menu residu.

5. RESIDU

Berfungsi menampilkan data siswa per sekolah yang belum diverifikasi NISN-nya dan harus dikelola oleh operator verval PD Kemenag. Fungsi untuk pengajuan NISN baru dan pengelolaan NISN berada di menu ini, melalui tombol MATCH dan NOT-MATCH.

6. EDIT DATA

Berfungsi sebagai fasilitas untuk mengajukan perubahan NISN dan juga merubah identitas siswa (nama dan tanggal lahir). Pengajuan perubahan dilakukan oleh operator Kemenag Kabupaten/Kota sesuai dengan permintaan dari madrasah. Data yang bisa diedit adalah data siswa yang sudah masuk ke dalam data referensi Verval PD Kemenag.

7. KONFIRMASI DATA

Berfungsi sebagai fasilitas untuk mengupdate/memperbaharui database arsip NISN PDSP (laman arsip NISN – http://nisn.data.kemdikbud.go.id), agar data referensi hasil Verval PD Kemenag bisa dicek oleh siswa atau madrasah secara mandiri melalui laman Arsip NISN.

8. APPROVAL

Berfungsi menampilkan data siswa-siswa yang diajukan perubahan NISN atau nama dan tanggal lahir (EDIT DATA). Setiap pengajuan perubahan NISN oleh operator Kemenag Kabupaten/Kota memerlukan persetujuan (approval) terlebih dahulu dari Admin PDSP. Sedangkan setiap pengajuan perubahan nama dan tanggal lahir, memerlukan persetujuan (approval) dari Kanwil Kemenag Provinsi. Oleh karena itu, Operator Kanwil Kemenag Provinsi harus melakukan pemeriksaan terhadap dokumen pendukung secara cermat dan teliti.

9. SISTEM LOG OUT

Berfungsi sebagi menu untuk keluar dari Aplikasi Verval PD Kemenag (logout).
Itu tadi fitur-fitur yang terdapat pada aplikasi verval PD Kemenag yang bisa anda pelajari sebagai awal pengenalan pada aplikasi tersebut. Untuk panduan pengisian aplikasi verval PD Kemenag secara lengkap, bisa anda download pada link dibawah ini :

0 comments:

Posting Komentar

Peraturan Komentar :
> No link aktif ( Link aktif Tidak akan di tampilkan )
> Sesuai topik artikel
> Kritik dan saran membangun akan admin terima
> Saya akan berusaha berkunjung balik ke blog sobat

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner