LOMBA KARYA ILMIAH REMAJA (LKIR) TAHUN 2015

http://www.hanibi.com/2015/04/lomba-karya-ilmiah-remaja-lkir-tahun.html
Info Guru - Hallo sobat hanibi semua, berikut kami informasikan berita terbaru tentang Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) Tahun 2015. Dalam rangka membangun dan mengembangkan kemampuan remaja untuk menghimpun ide-ide kreatif dalam penemuan maupun penelitian ilmiah, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) akan menyelenggarakan Kompetisi Ilmiah, yaitu Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) ke-47 Tahun 2015 ditujukan bagi siswa SMP - SMA (12 - 19 tahun). Tujuan dari lomba karya ilmiah tersebut adalah untuk untuk meningkatkan kesadaran dan kemampuan mereka dalam menganalisa permasalahan dan mencari solusi yang tepat melalui penelitian dan aplikasi ilmu pengetahuan dan teknologi. Waktu dan tempat penyelenggaraan Karya Ilmiah tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 24 s/d 26 Agustus 2015 yang bertempat di Gedung Auditorium LIPI, Jalan Jend. Gatot Subroto Nomor 10 Jakarta Selatan. Adapun persyaratan sebelum membuat proposal penelitian adalah sebagai berikut ;

PERSYARATAN

  1. Siswa SMP dan SMA atau sederajat, berusia 12-19 tahun terhitung pada tanggal 24 Agustus 2015.
  2. Perorangan atau kelompok maksimal 2 (dua) orang.
  3. Belum pernah menjadi pemenang LKIR dalam kurun waktu dua tahun terakhir.
  4. Melampirkan surat keterangan/rekomendasi dari sekolah/instansi terkait dan daftar riwayat hidup yang berisi: nama lengkap, jenis kelamin, tempat dan tanggal lahir, alamat, sekolah/instansi, nomor telepon/HP, dan email serta diketahui oleh orangtua atau wali.
  5. Karya Ilmiah yang sedang atau pernah diikutsertakan dalam kompetisi ilmiah tingkat nasional lainnya, tidak dapat diikutsertakan dalam LKIR.

BIDANG PENELITIAN
  1. Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan (Social and Behavioral Sciences)
    Merupakan kategori LKIR yang berkaitan dengan studi sosial dengan beberapa sub tema: Psikologi (Psikologi Sosial, Psikologi Kognitif, Psikologi Fisiologis), Sejarah, Geografi, Ekonomi, Sosiologi, Antropologi, Politik, dan lainnya.
  2. Ilmu Pengetahuan Hayati (Life Sciences)
    Merupakan kategori LKIR yang berkaitan dengan ilmu alam, berbagai kajian observasi, eksperimentasi, penyimpulan dengan ruang lingkup makhluk hidup, energi dan perubahannya, dan keilmuan tentang alam lainnya, dengan sub tema: Kimia, Biokimia, Biologi, Mikrobiologi, Ilmu Tumbuhan, Ilmu Hewan, Obat dan Kesehatan, Ilmu Lingkungan, Manajemen Lingkungan, Ilmu Matematika, dan lainnya.
  3. Ilmu Pengetahuan Teknik
    Merupakan kategori LKIR yang berkaitan dengan merancang dan menghasilkan perangkat-perangkat, struktur-struktur dan proses-proses yang dapat digunakan serta dapat berupa inovasi produk dan pengembangan system, dengan subtema: Fisika, Energi dan Transportasi, Teknik Mekanika dan Elektronika, Ilmu Komputer, Informatika, Teknik Material & Bioteknologi, dan lainnya.
  4. Ilmu Pengetahuan Kebumian dan Maritim
    Merupakan kategori LKIR yang berkaitan kajian, observasi, dan menghasilkan perangkat-perangkat di bidang ilmu kebumian dan kemaritiman, dengan subtema: Astronomi, Klimatologi, Cuaca, Geokimia, Minerologi, Paleontologi, Geofisika, Geologi, Kelautan/Oseanografi, dan lainnya
PANDUAN PENULISAN PROPOSAL
1. Judul bebas (dalam konteks obyek bidang penelitian).
2. Materi merupakan proposal penelitian yang akan dilaksanakan dengan metode ilmiah dan ditulis sesuai dengan kaidah penulisan yang benar, memakai template yang telah ditentukan meliputi:
  • Judul dan nama penulis dalam 1 (satu) halaman.
  • Penulisan abstrak tidak lebih dari 300 kata.
  • Substansi: pendahuluan, masalah yang akan diteliti, hal baru yang diajukan terkait masalah, metode yang akan dilakukan sebagai justifikasi terkait masalah, kesimpulan, referensi.
  • Daftar riwayat hidup setiap peserta.Format judul dan abstrak dapat diunduh melalui situs LKIR 2015 http://kompetisi.lipi.go.id/lkir47/template.zip
3. Proposal penelitian belum menjadi Karya Tulis Ilmiah.
4. Diketik dengan jarak 1½ spasi, jenis huruf Arial, ukuran huruf 11, menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.
5. Proposal penelitian dikirimkan secara elektronik melalui situs LKIR 2015 diterima oleh panitia selambat-lambatnya tanggal 4 April 2015 (Info terbaru pendaftaran diperpanjang hingga 13 April 2015)
6. Panduan dan informasi lomba dapat dilihat melalui situs LKIR 2015.
7. Pengumuman proposal penelitian yang disetujui akan dilakukan pembimbingan oleh LIPI, diinformasikan pada tanggal 4 Mei melalui situs LIPI di bagian pengumuman.
8. Proses pembimbingan proposal penelitian akan dilakukan oleh Pembimbing yang ditentukan oleh LIPI.
9. Kegiatan pembimbingan penelitian proposal yang telah disetujui akan dilakukan dalam periode 11 Mei – 3 Agustus 2015 
10. Finalis akan diundang ke Jakarta untuk pameran dan presentasi. Bagi finalis kelompok, yang diundang hanya Peneliti Utama (berada di urutan pertama) untuk mewakili kelompoknya. Pengumuman finalis dapat dilihat melalui situs LKIR 2015 pada tanggal 15 Agustus 2015 
11. Panitia berhak menyebarluaskan/mensosialisasikan karya tulis dan alat peraga yang diperlombakan melalui berbagai media.
12. Keputusan Dewan Juri tidak dapat diganggu gugat.

Sampai disini dulu postingan kami tentang Kompetisi Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) Tahun 2015. Untuk informasi selengkapnya, silahkan kunjungi di situs resminya hanya di http://kompetisi.lipi.go.id/. Terima kasih

0 comments:

Posting Komentar

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner