TIPS MENGERJAKAN SOAL UN SMP BAHASA INGGRIS : ANNOUNCEMENTS

National Exam - Pada kesempatan kali ini kami share tips dan trik mengerjakan soal Ujian Nasional tentang Announcements atau pengumuman. Pastinya adik-adik sudah pernah diajarkan mengenai apa itu Announcement atau pengumuman di sekolah. Jika belum paham, silahkan kunjungi artikel yang berjudul : Belajar Teks Pendek Berbentuk Announcements (Pengumuman). Pada postingan hari ini, kami tidak akan membahas pengertian dari jenis teks tersebut secara mendalam tetapi lebih kepada bagaimana cara menghadapi soal Ujian Nasional Announcements dengan benar. Soal semacam Announcements merupakan jenis soal informasi yang tersirat, silahkan kunjungi artikel yang berjudul : Informasi Tersirat Dalam Teks Bahasa Inggris. Informasi tersirat merupakan informasi yang tertera didalam teks tetapi tidak jelas. Maka dari itu diperlukan ketelitian dan kepekaan dalam mengerjakan soal semacam ini.

Misalnya, jika kita menjumpai soal pertanyaan tentang informasi tersirat yang masih berkaitan dengan tempat didalam pengumuman, maka ;

  1. Pahami makna pengumuman terlebih dahulu.
  2. Kemudian, carilah kata-kata kunci yang berkaitan dengan tempat, misalnya di dalam pengumuman tersebut terdapat kata "classroom" maka bisa dipastikan bahwa pengumuman tersebut masih berkaitan dengan lingkungan sekolah.

Biar lebih jelas dan lebih dimengerti, berikut kami berikan contoh teksnya setelah itu ada 2 soal pertanyaan mengenai Announcements, tidak lupa disertai pembahasannya secara detail dibawah ini ;

STUDENT WRITING CONTEST

THE ATLANTIC MONTHLY invites submission of poetry, fiction, and personal or journalistic essays for this year's Student Writing Contest.

CATEGORIES
Poetry, fiction, and personal or journalistic essays.

MANUSCRIPTS should be typewritten (one side only, please) double-spaced, and accompanied by a cover sheet with the following information : title, category, word count, author's name, address, phone-number, email address (if available), and academic institution. Of this information, only the title should appear on the manuscript itself.

POSTMARK SUBMISSION BY 1st DECEMBER AND SEND TO ;
Student Writing Contest
The Atlantic Monthly
77 N, Washington Steer
Boston, MA 02114

1. What is the purpose of the text ?

a. To describe the student writing contest
b. To announce the student writing contest
c. To amuse the students with writing contest
d. To retell the students about writing contest

Jawaban : B
Tujuan teks tersebut (the purpose of the text) terdapat pada kalimat awal teks, yaitu "THE ATLANTIC MONTHLY invites submission of poetry, fiction, and ........ for this year's Student Writing Contest." Maksudnya disini THE ATLANTIC MONTHLY mengundang siapapun untuk menyertakan puisi, fiksi, dan ... dalam acara lomba menulis untuk siswa tahun ini. Perhatikan pilihan jawaban B diawali dengan "To announce ..." yang artinya untuk mengumumkan, jadi sangat tepat karena teks diatas merupakan teks berbentuk pengumuman.

Jika anda menjawab selain B maka salah. Pilihan jawaban A tidak sesuai karena "To describe ..." artinya adalah untuk mendeskripsikan. Pilihan jawaban C yaitu " To amuse ..." artinya adalah untuk menghibur. Sedangkan pilihan jawaban D yaitu "To retell ...." artinya adalah untuk menceritakan kembali. 

2. The following are required for the works that the participants should prepare, except that they are ....

a. original
b. unpublished
c. easy to read
d. typewritten

Jawaban : C
Kenapa jawabannya adalah C karena "easy to read" bukanlah salah satu syarat yang disebutkan di dalam teks diatas. Yang merupakan ketentuan hasil karya yang diikut sertakan dalam konteks menulis adalah asli buatan sendiri ( original) dengan mencantumkan nama pengarang, belum diterbitkan (unpublished), dan diketik (manuscript should be typewritten)

Sampai disini postingan kali ini mengenai tips mengerjakan soal Ujian Nasional SMP Bahasa Inggris : Announcements. Tunggu postingan-postingan kami selanjutnya tentang Ujian Nasional.

0 comments:

Posting Komentar

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner