INFORMASI TERSIRAT DALAM TEKS BAHASA INGGRIS

Gratis Belajar Inggris - Selamat datang kembali di blog kami, blog yang memberikan gratis pelajaran Bahasa Inggris, info guru dan soal-soal CPNS. Pada kesempatan kali ini, kita kembali belajar mengenai materi yang masih berkaitan dengan kisi-kisi Ujian Nasional Bahasa Inggris SMP. Jika sebelumnya kami posting mengenai Pokok Pikiran Dalam Paragraf Teks Bahasa Inggris, kali ini kita membahas mengenai Informasi Tersirat [ not clearly stated information ] yang terdapat pada teks Bahasa Inggris. Dalam bacaan kita terkadang kita menemukan pernyataan langsung tentang sesuatu dari penulis. Pernyataan yang dibuat dalam bentuk kalimat-kalimat itu disebut sebagi bukti [ evidence ]. Namun, terkadang penulis tidak selalu menyatakan pernyataannya secara langsung untuk menyampaikan suatu informasi. Sebagai gantinya ia nyatakan dengan kata-kata lain.

Sebagai pembaca yang baik kita harus menggunakan kalimat-kalimat ini sebagai evidence untuk membuat suatu kesimpulan [ inference ] tentang apa yang penulis maksud. Jadi, informasi tersirat adalah suatu kesimpulan yang logis/ masuk akal yang dibuat berdasarkan kata-kata/ kalimat-kalimat yang terdapat dalam bacaan atau dengan menggunakan pengetahuan yang kita miliki atau keduanya.

Baca bagian-bagian bacaan yang tidak lengkap berikut, lalu jawab pertanyaan yang diberikan dengan cara menarik kesimpulan berdasarkan bacaan atau pengetahuan anda sendiri.

1. ".... The party started from 10:00 a.m to 1:00 p.m ..."

Pertanyaan :
How log did the party last ?

Pembahasan :
Pernyataan lama pesta berlangsung memang tidak tertera dengan jelas dalam teks. Namun dari kalimat diatas, kita bisa mendapatkan petunjuk tentang berapa lama pesta berlangsung. Pesta tersebut dimulai pukul 10:00 a.m dan selesai pada pukul 01:00 p.m, sehingga bila kita hitung pesta berlangsung selama 3 jam.

2. Marry Smith had a stomach cancer. The doctor told him, "You need chemotheraphy to stop the cancer.

Pertanyaan :
How was Marry Smith ?

Pembahasan :
Pertanyaan diatas menanyakan bagaimana keadaan kesehatan Marry Smith. Dalam bacaan ada evidence yang berbunyi, "Marry Smith had a stomach cancer". Berdasarkan fakta ini, kita dapat menarik kesimpulan bahwa Marry was very sick.

3. This is Erwan Martono. He always makes people laugh. People always waits for his program.

Pertanyaan :
What is Erwan Martono like ?

Pembahasan :
Kita bisa melihat evidence pada "He always makes people laugh". Sedangkan kata-kata yang lainnya bukanlah evidence karena tidak mendukung apa yang ditanyakan. Jadi, jawaban yang tepat adalah "He is humorous"

Sampai disini dulu semoga pembahasan mengenai informasi yang tersirat pada teks Bahasa Inggris ini bisa membantu dan menambah pengetahuan/ materi khususnya bagi yang mau mengikuti Ujian Nasional Bahasa Inggris SMP. Selamat belajar !


0 comments:

Posting Komentar

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner