PEMBAHASAN SOAL CPNS TES KOMPETENSI DASAR TAHUN 2013 [ 3 ]

Ini merupakan kelanjutan dari Pembahasan Soal CPNS : Tes Kompetensi Dasar Tahun 2013. Pada postingan sebelumnya telah kami share Pembahasan Soal CPNS TKD 1 dan Pembahasan Soal CPNS TKD 2. Sedangkan kali ini adalah pembahasan yang ke 3 dan yang akan kita bahas adalah nomor soal 21 sampai nomor 30. Bagi yang belum mencoba latihan Soal CPNS TKD online silahkan kunjungi postingan Soal CPNS : Tes Kompetensi Dasar Tahun 2013. Pembahasan ini bertujuan mempermudah anda dalam memahami dan menjawab soal-soal CPNS karena didalam pembahasan ini tidak hanya memberikan kunci jawabannya saja tetapi juga penjelasan singkat dari jawaban yang dipilih yang semoga saja bisa membantu para sobat sekalian dalam memahami soal.

PEMBAHASAN SOAL CPNS TKD NOMOR 

21. Sinonim: EKLIPS = …..
A.  Lonjong
B.  Sempit 
C.  Garis khatulistiwa
D.  Gerhana
E.  Gaya Gravitasi

JAWABAN: 
D. Gerhana
EKLIPS memiliki makna penutupan sebagaian atau seluruh sinar matahari apabila dilihat dari bumi  ( apabila bulan berada pada garis antara matahari dan bumi) atau   penutupan sebagai atau seluruh pantulan sinar bulan dilihat dari bumi ( apabila bumi berada di antara mataharidan bulan); gerhana.

22. Sinonim:   ORDINASI = …..
A.  Izin
B.  Sistem
C.  Peraturan
D.  Keadaan
E.  Maklumat 

JAWABAN
C. Peraturan
Ordinasi memiliki makna peraturan dan ketentuan 

23. Antonim:  ANOMALI >< ….
A.  Konsisten
B.  Normal
C.  Biasa
D.  Lazim
E.  Aneh

JAWABAN
B. Normal
Anomali  memiliki makna ketidaknormalan ; penyimpangan dari normal ; kelainan. Normal memiliki makna menurut aturan atau menurut pola yang umum; sesuai dan tidak menyimpang  dari  suatu  norma  atau  kaidah  ;  sesuai  dengan  keadaan  yang  biasa  ;  tanpa cacat ; tidak ada kelainan.

24. Antonim:  ALTRUIS >< …..
A.  Baik
B.  Dermawan
C.  Jahat
D.  Hina
E.  Egois

JAWABAN:
E. Egois
Altruis memiliki makna orang yang banyak mengutamakan kepentingan orang lain (tidak mementingkan diri sendiri). Egois memiliki makna orang yang selalu mementingkan diri sendiri

25. Antonim:  EKSENTRIK >< …
A.  Khas
B.  Wajar
C.  Luar Biasa
D.  Spesial
E.  Istimewa

JAWABAN:
B. Wajar
Keterangan  : Eksentrik memiliki makna aneh; ganjil;  tidak wajar;   ke·ek·sen·trik·an n keanehan (dl tingkah laku, perbuatan, berdandan, dan sebagainya. Wajar memiliki makna Biasa sebagaimana adanya

26. Soal pengelompokan kata
A. Saxophone
B. ketipung
C. Suling
D. Harmonik
E. Terompet

JAWABAN:
B. Ketipung
Alat  musik  Saxophone,  Suling,  Harmonika,  dan  Terompet  adalah  alat  musik  tiup, sedangkan ketipung dipukul. 

27. Soal pengelompokan kata
A. Batubara
B. Tembaga
C. Emas
D. Perak
E. Aluminium
 
JAWABAN:
A. Batubara
Tembaga, Emas, Perak, dan Alumunium adalah benda yang berjenis logam. 

28. Soal pengelompokan kata 
A. Hijau
B. Merah
C. Ungu
D. Hitam
E. Oranye

JAWABAN:
B. Merah
Keterangan : Hijau, Ungu, Hitam, dan Oranye adalah kumpulan warna-warna yang bukan merupakan WARNA PRIMER. Adapun warna Merah adalah WARNA PRIMER.   Warna primer  menurut  teori  warna  pigmen  dari  Brewster  adalah  warna-warna  dasar. Warna-warna  lain dibentuk dari kombinasi warna-warna primer  tersebut. Adapun warna primer adalah   Merah  (seperti  darah),  Biru  (seperti  langit  atau  laut),  Kuning  (seperti  kuning telur). Adapun WARNA  PELANGI:    merah,  jingga,  kuning,  hijau,  biru,  nila,  dan  ungu. Tidak  bisa  diterapkan  dalam  kelompok  kata  tersebut  karena  ada  dua warna Hitam  dan Orange yang tidak termasuk warna pelangi.  

29. Tentukan angka selanjutnya!
374 -405 – 379 – 348 -374 - 405 - 379 - ...... - .......

A.  348 dan 374
B.  405 dan 379
C.  348 dan 379
D.  374 dan 405
E.  348 dan 405

Jawaban: 
A. 348 dan 374

Deret ini memiliki pola +31, -26, +31, -26, ..... dan seterusnya, jadi angka selanjutnya adalah 348 dan 374

30. Tentukan angka selanjutnya !
1  -   ¾  -  1  - 8/9  -  1  -  13/14  - … - ….  

A. 1 dan 17/18
B. 1 dan 16/ 18
C. 1 dan 18/ 19
D. 2 dan 19/ 29
E. 2 dan 17/ 18

JAWABAN
C. 1 dan 18/19
Deret ini memiliki 2 pola. Pola 1 pola suku ganjil 1 bersifat konstan, Poal 2 pola suku genap pembilang + 5/ penyebut +5. Jadi, angka selanjutnya  adalah C. 1 dan 18/19 [ edited 23 Okt 2013 ]

Sampai disini pembahasan soal CPNS Tes Kompetensi Dasar yang ke 3. Lain waktu akan kami lanjutkan pembahasan soal yang ke-4. So, don't forget to come back again ! Jika anda tertarik ingin memiliki soal CPNS lengkap yang sesuai dengan kisi-kisi soal CPNS, silahkan daftarkan diri anda disini..

To Be Continued 


4 komentar:

  1. Terima kasih

    BalasHapus
  2. Mas. Untuk soal yang no 30.
    Deret 2 pola yang satu konstan dan +5 untuk pembilang dan +5 untuk penyebut jawabannya ko 17/18? Mohon diperjelas. Saya masih bingung. Terima kasih.

    BalasHapus
  3. Good question.. jawaban yang tepat harusnya 1 dan 18/19,
    13/14 [ pembilang dan penyebut sama2 +5 ] = 18/19, trims dh bertanya, kami akan edit jika memang ada kesalahan .... terima kasih

    BalasHapus

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner