TES WAWASAN KEBANGSAAN REVIEWS

Selamat datang kembali di blog kami, blog yang menyajikan info guru khususnya mengenai pengumuman dan contoh soal CPNS. Meskipun tidak dipungkiri sebenarnya blog ini fokus pada pelajaran Bahasa Inggris namun karena info yang berkaitan dengan guru juga sangatlah penting maka tidak ada salahnya kami menggabungkan blog pendidikan ini dengan berita guru. Postingan kali ini adalah soal mengenai Tes Wawasan Kebangsaan yang terdiri dari 50 soal dengan disertai pembahasan didalamnya. Jadi anda bisa tahu dan memahami setiap soal yang telah dikerjakan. Jika anda punya waktu luang, silahkan aja belajar disini. Kalaupun tidak selesai anda bisa datang kembali di blog ini lain waktu. Namun khusus untuk soal ini mohon maaf kami tidak bisa memberikan link download gratis. Jika anda tertarik silahkan daftarkan diri anda disini.

Contoh Soal dan Pembahasan

1. Kemajuan peradaban manusia dalam  segala  aspeknya mengalami dinamika yang  sangat pesat  dalam  memasuki  milenium  III.  Upaya  untuk  mendorong  kehidupan  bangsa Indonesia yang lebih baik dapat dilakukan melalui langkah-langkah… 

A. Mempertahankan kehidupan budaya turun-temurun secara tradisional 
B. Mempersiapkan sumber daya manusia yang dinamis, terbuka, dan demokratis
C.  Membangun industrialisasi menyambut tuntutan pasar global
D.  Menciptakan  budaya  masyarakat  untuk  menghindarkan  persaingan penguasaan IPTEK

JAWABAN : B

Mempersiapkan sumber daya manusia yang dinamis, terbuka, dan demokratis. Perubahan  zaman  mengiringi  kemajuan-kemajuan  yang dialami  manusia  di bumi. Ilmu pengetahuan menjadi pusat kemajuan tersebut sehingga manusia semakin mudah dalam  menginginkan  setiap  keinginan  yang  dikehendakinya.  Hal  tersebut  akan mencapai  pada  suatu  peradaban manusia  yang  tinggi. Akan  tetapi,  peradaban  yang tinggi atau kemajuan yang diharapkan manusia tidak akan tercapai jika dia tidak mau berupaya  untuk  meraihnya.  Peningkatan  sumber  daya  manusia  (SDM)  mutlak dibutuhkan  dalam  mewujudkannya.  Di  samping  itu,  pola  hidup  yang  dinamis  dan terbuka  akan  semakin memperkuat  langkah menuju  cita-cita  yang  diharapkan  serta berjiwa demokrat. 

2. Negara  adalah  alat  masyarakat  untuk  mengatur  hubungan  antara manusia  dalam  masyarakat tersebut.  Pernyataan ini merupakan pengertian negara ditinjau dari segi negara sebagai : 

a. Organisasi politik.
b. Organisasi kesusilaan.
c. Organisasi integralistik.
d. Organisasi kekuasaan.
e. Organisasi kemasyarakatan.

JAWABAN:  D
Negara  adalah  suatu  organisasi  yang  di  dalamnya  terdapat  rakyat, wilayah  yang  permanen, dan  pemerintahan  yang  sah.  Dalam  arti  luas  negara merupakan  sosial  (masyarakat)  yang  diatur secara konstitusional (berdasarkan undang–undang) untuk mewujudkan kepentingan bersama.
Adapun Pengertian negara dapat ditinjau dari empat sudut yaitu:

1.   Negara sebagai organisasi kekuasaan
 
Negara  adalah  alat  masyarakat  yang  mempunyai  kekuasaan  untuk mengatur  hubungan antara manusia  dalam masyarakat  tersebut. Pengertian  ini  dikemukakan  oleh  Logemann dan Harold J. Laski. Logemann menyatakan bahwa negara adalah organisasi kekuasaan yang bertujuan mengatur masyarakatnya  dengan  kekuasaannya  itu.  Negara  sebagai organisasi kekuasaan  pada  hakekatnya  merupakan  suatu  tata  kerja  sama  untuk  membuat  suatu kelompok manusia berbuat atau bersikap sesuai dengan kehendak negara itu. 

2.   Negara sebagai organisasi politik
 
Negara  adalah  asosiasi  yang  berfungsi  memelihara  ketertiban  dalam masyarakat berdasarkan  sistem  hukum  yang  diselenggarakan  oleh  suatu  pemerintah  yang  diberi kekuasaan memaksa.  Dari  sudut  organisasi politik,  negara  merupakan  integrasi  dari  kekuasaan  politik  atau merupakan organisasi  pokok  dari  kekuasaan  politik.  Sebagai  organisasi  politik negara

Ingin Pesan E - Book ?

Jika anda tertarik dengan soal semacam ini,  sangat tepat jika anda segera memesan buku elektronik/ e-book kepada kami sebelum Ujian Seleksi Penerimaan CPNS tiba. Silahkan kunjungi link kami DISINI, jangan ragu karena sudah terbukti bahwa materi soal yang kami berikan sesuai dengan kisi-kisi CPNS yang ditetapkan oleh pemerintah.

Tes Wawasan Kebangsaan Reviews

Soal Tes Wawasan Kebangsaan ini berjumlah 50 soal pilihan ganda dengan disertai pembahasannya disetiap soal. Waktu yang kami berikan adalah 02 jam 30 menit. Tidak sabar untuk belajar online? Langsung aja klik link dibawah ini, semoga sukses !

Link Soal 1


 

1 komentar:

  1. Anonim9/24/2013

    Hmmmm,,,kalo bisa dalam bentuk (.pdf) saja ato offline'nya seperti link yang lainnya biar bisa di pelajari lagi dan ndak lupa. Kalo bentuk (.pdf) kan bisa di print dan di baca lagi deh...
    Hehehe...

    BalasHapus

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner