SOAL CPNS ONLINE TES PENARIKAN KESIMPULAN [ SILOGISME ]

Ini merupakan latihan soal CPNS Online yang ke 22 dan latihan soal kali ini mengenai Tes Penarikan Kesimpulan [ Silogisme ]. Tes berikut merupakan bagian dari Tes Intelegensi Umum [ TIU ] yang berfungsi untuk mengukur peserta seleksi penerimaan CPNS dalam penalaran dan pemecahan masalah/ persoalan secara logis dan analistis atau masuk akal sehingga diketahui tingkat kecepatan dan keakuratan peserta CPNS dalam menyelesaikan tugas-tugas kepegawaian. Tips dan trik untuk mengerjakan soal : Untuk soal-soal PERBANDINGAN yang biasanya memiliki ciri-ciri memuat kata “lebih” atau “daripada”, maka solusi TERMUDAH adalah dengan digambar/ ditulis. Perhatikan contoh soal dibawah ini :


Contoh Soal 1

Susilo adalah siswa yang paling pandai di kelasnya. Edy kalah pandai dibanding Leonardo, tetapi Leonardo sama pandainya dengan Viki. Viki lebih pandai dari Natsir. 

a. Leonardo tidak lebih pandai daripada Edy.
b. Edy tidak kalah pandai daripada Susilo
c. Viki lebih pandai daripada Susilo
d. Viki lebih pandai daripada Edy
e. Natsir lebih pandai daripada Leonardo

Pembahasan
 
Ingat TIPS di atas, TULIS/ GAMBAR biar lebih jelas. 
Susilo paling pandai 
Edy kalah pandai dibanding Leonardo,  
Leonardo sama pandainya dengan Viki. 
Viki lebih pandai dari Natsir. Jika digambar, kurang lebih sbb: 


Kemudian anda tinggal cek jawaban. Maka jelas sekali bahwa jawaban yang paling tepat adalah  Viki lebih pandai dari Edy   [d]. 

Contoh Soal 2
 
Tidak semua sarjana yang pandai lolos ujian CPNS. Semua sarjana yang bodoh tidak lolos ujian CPNS. Tidak semua sarjana yang pandai selalu mempunyai nilai ijazah yang lebih baik daripada yang lebih bodoh. Purdi mempunyai nilai ijazah yang lebih buruk dari pada Alan. 

a. Alan lebih pandai dari pada Purdi.
b. Tidak mungkin Purdi akan lolos ujian CPNS.
c. Mungkin Purdi dan Alan akan lolos ujian CPNS.
d. Tidak mungkin Purdi dan Alan adalah satu alumni.
e. Tidak mungkin Alan akan lolos ujian CPNS. 

Pembahasan

Perhatikan baik-baik tiap kalimat dalam soal:
1) Tidak semua sarjana yang pandai lolos ujian CPNS. 
2) Semua sarjana yang bodoh tidak lolos ujian CPNS. 
3) Tidak semua sarjana yang pandai selalu mempunyai nilai ijazah yang lebih baik daripada yang lebih bodoh. 
4) Purdi mempunyai nilai ijazah yang lebih buruk dari pada Alan.
 
Analisis jawaban:
  1. Alan lebih pandai dari pada Purdi. (salah) Bertentangan dengan pernyataan no.3.
  2. Tidak mungkin Purdi akan lolos ujian CPNS. (salah) Sesuai no.2, yang tidak lolos adalah sarjana yang bodoh. Sedangkan Purdi bukanlah sarjana yang bodoh. 
  3. Mungkin Purdi dan Alan akan lolos ujian CPNS. (benar) Kita tidak dapat menyimpulkan bahwa Purdi dan Alan termasuk sarjana yang pandai atau bodoh. Jika mereka bodoh maka tidak akan lolos ujian CPNS. Tapi jika mereka termasuk sarjana pandai, maka mungkin mereka bisa lolos ujian CPNS.  
  4. Tidak mungkin Purdi dan Alan adalah satu alumni. (salah). 
  5. Tidak mungkin Alan akan lolos ujian CPNS. (salah) Sama alasannya dengan opsi b.
Itu tadi sedikit tips dan trik beserta pembahasan contoh soal yang mungkin bisa membantu anda dalam mengerjakan tes semacam ini. Bila anda ingin mendapatkan soal-soal lengkap dan pembahasannya serta latihan-latihan soal tes dengan menggunakan sistem CAT [ Computer Assisted Test ] silahkan daftarkan diri anda DISINI. Menurut info terbaru, soal tes penerimaan CPNS akan menggunakan sistem komputer  atau CAT [ Computer Assisted Test ] seperti yang sudah dilaksanakan pada ujian UKG bulan Juli 2013. Soal-soal online yang kami sediakan ini sudah sesuai dengan sistem CAT yang memudahkan anda nanti pada saat pelaksanaan seleksi CPNS. Klik link dibawah ini jika anda ingin memulai mengerjakan soal;



source : cpnsonline.com
image : cpnsonline.com


0 comments:

Posting Komentar

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner