SOAL CPNS ONLINE TES LOGIKA KUANTITATIF [ PENALARAN ]

SOAL CPNS ONLINE TES LOGIKA KUANTITATIF [ PENALARAN ]
Ini merupakan kelanjutan soal dari tes CPNS online Tes Abstraksi Berhitung [ logika bilangan ]. Bagi yang belum mencoba belajar soal CPNS online Tes Abstraksi Berhitung [ logika bilangan ] silahkan klik DISINI. Ingat bahwa ini adalah Tes Logika, jadi gunakan Logika jangan gunakan perasaan anda. Analisa suatu masalah apakah logis/ masuk akal atau tidak. Trik yang paling banyak digunakan adalah menggambar/ membuat sketsa. Persiapkan selembar kertas dan sebuah bolpoin atau pensil untuk mengerjakan soal semacam ini. Untuk soal kali ini hanya terdiri dari 10 soal berbentuk pilihan ganda dengan passing grade kelulusan 70%. Waktu untuk mengerjakan soal sendiri kami beri waktu 20 menit, jadi anda punya waktu 2 menit setiap soal.

Sebelum memulai mengerjakan soal sesungguhnya, kami berikan beberapa contoh soal dan pembahasan mengenai materi Tes Logika Kuantitatif [ Penalaran ] , berikut dibawah ini :

CONTOH SOAL 1
Waktu di negara S adalah 3 jam lebih cepat daripada negara M. Sebuah pesawat terbang berangkat dari kota S menuju kota M pada pukul 5 pagi dan tiba 4 jam kemudian. Pada pukul berapakah pesawat tersebut tiba di kota M?

a. 2 pagi
b. 3 pagi
c. 4 pagi
d. 6 pagi
e. 9 pagi

PEMBAHASAN
Abaikan dulu perbedaan waktunya. Berangkat dari S jam 5 pagi, sampai setelah 4 jam kemudian berarti jam 9 pagi (waktu kota S). Karena waktu di S lebih cepat 3 jam dibanding kota M, maka jam 9 di kota S sama dengan baru jam 6 pagi di kota M. Jadi jawaban yang tepat adalah d.

CONTOH SOAL 2
Umur rata-rata hitung dari suatu kelompok yang terdiri dari guru dan dosen adalah 40 tahun. Jika umur rata-rata para guru adalah 35 tahun dan umur rata-rata para dosen adalah 50 tahun, maka perbandingan banyaknya dokter dan banyaknya jaksa adalah ...  

a. 1:2
b. 2:1
c. 2:3
d. 3:2
e. 3:1

PEMBAHASAN
Kasus Perbandingan Berbalik Nilai!
Rata-rata gabungan  = 40
Rata-rata guru    = 35
Rata-rata dosen    = 50
Karena kasus perbandingan berbalik nilai, maka semakin banyak guru maka semakin sedikit dosen atau sebaliknya. Karena rata-rata guru lebih kecil, maka pasti jumlah guru lebih banyak dari dosen. 

Cara cepat:
Dalam banyak kasus yang serupa, cara berikut adalah yang paling efektif:
Buatlah semacam garis yang menggambarkan ketiga nilai rata-rata kemudian cari selisihnya!

SOAL CPNS ONLINE TES LOGIKA KUANTITATIF [ PENALARAN ]

Berbalik nilai Guru : Dosen = 10 : 5 = 2 : 1, jadi jawabannya adalah b.

Sekedar info bagi yang ingin membeli soal-soal CPNS murah, lengkap, materi selalu baru dan anda juga bisa mengikuti Ujian TRY OUT ONLINE untuk bulan Juli - September 2013 yang dibuat oleh Team CPNSONLINE kami. Setelah anda menjadi member anda bisa download materi soal dan pembahasan mengenai CPNS selamanya alias tidak terbatas dan materi soal selalu update. Jika berminat silahkan klik DISINI. Langsung saja kita mulai latihan soal mengenai Tes Logika Kuantitatif [ Penalaran ] dengan cara klik link dibawah ini.


 source : cpnsonline.com
image : cpnsonline.com




0 comments:

Posting Komentar

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner