MENTAL SISWA DI SEKOLAH BARU

MENTAL SISWA DI SEKOLAH BARU
Bulan ini merupakan transisi para siswa-siswi di segala jenjang pendidikan, mulai dari yang masuk TK, SD, SMP/ MTs, SMA/ SMK. Mental siswa-siswi sangat dibutuhkan karena banyak kegiatan-kegiatan yang ada terasa asing/ bernuansa baru baginya. Bagaimana perasaan siswa baru yang berada di lingkungan sekolah yang baru? Adakah kegembiraan atau malah kecemasan karena sulitnya beradaptasi? Berada disekolah yang baru kemungkinan anak merasa senang namun ternyata ada juga yang merasa cemas dan takut. Disini peran orang tua sangat dibutuhkan, khususnya bagi anak yang masih duduk di Sekolah Dasar maupun Sekelah Menengah Pertama. Bagi anak yang mudah beradaptasi itu tidaklah menjadi sebuah masalah karena dia akan mudah bergaul dan cepat mempunyai banyak teman. Tetapi bagi siswa yang kurang cepat beradaptasi diperlukan dukungan dari orang tua untuk memberikan rasa percaya diri pada anak tersebut. Berikut tips memberikan support terhadap anak yang kurang percaya diri :

MENTAL SISWA DI SEKOLAH BARU
Dreamsteam.com

Berdiskusi

Ajak anak anda berdiskusi mengenai sekolah mana yang akan dipilih sehingga anak merasa dirinya diperhatikan oleh orang tuanya. Ajak anak untuk jalan-jalan melihat sekolah mana yang akan dipilihnya nanti sambil menceritakan aktifitas yang ada disekolah barunya nanti, seperti selain belajar akan ada teman baru, guru baru, lingkungan baru dan lain-lain sehingga rasa cemas dan takut anak bisa berkurang.

Motivasi

Berikan motivasi anak ketika memilih sekolah. Motivasi bisa dilakukan dengan memberikan reward/ penghargaan yang sesuai. Penghargaan tidak selalu berupa barang tetapi bisa berupa pujian atas apa yang telah dia lakukan. Misalkan, memberikan pujian bila si anak diterima di sekolah favorit. Support/ dukungan orang tua sangatlah penting, namun sebaliknya jangan memberikan beban kepada anak dengan memarahinya ketika ada kesalahan.

Makna MOS

Berikan pengertian tentang MOS dengan baik. MOS atau Masa Orientasi Siswa merupakan masa dimana para siswa belajar menjajaki lingkungan dan teman baru tentunya dengan cara yang humanis dan edukatif. Tujuan diadakan MOS adalah agar siswa-siswi lebih mengenal sekolah, dapat menyatu dengan warga sekolah, melaksanakan program sekolah, dan mengetahui hak dan kewajibannya sebagai siswa. MOS adalah ajang bersosialisasi sekaligus menjalin kebersamaan antar siswa baru yang mempunyai karakter beragam. Masa Orientasi Siswa adalah kegiatan yang sangat menyenangkan.

Happy Reading ! 


0 comments:

Posting Komentar

Peraturan Komentar :
> No link aktif ( Link aktif Tidak akan di tampilkan )
> Sesuai topik artikel
> Kritik dan saran membangun akan admin terima
> Saya akan berusaha berkunjung balik ke blog sobat

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner