BELAJAR TEKS PENDEK BERBENTUK ANNOUNCEMENT [PENGUMUMAN]

ANNOUNCEMENT
Pastinya kalian udah pernah mendengar kata Announcement. Apa tujuan dari Announcement itu? Yups, Announcement berarti memberikan suatu informasi kepada khalayak umum. Kita bisa menemukan di berbagai tempat. Bisa di area perkantoran atau Instansi pemerintah, sekolah, bahkan di pinggir jalanpun ada. Bentuk informasi atau isi dari pengumuman bisa beragam, contoh kalau di sekolah kita bisa menemukan pengumuman mengenai pendaftaran siswa baru, semester, dan masih banyak lagi. Di dalam Announcement minimal harus memiliki 4 unsur seperti Who, What, When, Where. Who berarti kepada siapa pengumuman itu ditujukan.

What berarti apa isi dari Announcement/ pengumuman tersebut. When berarti kapan dan waktu yang diminta. Where berarti dimana kejadian itu akan berlangsung.

Berikut contoh dari Announcement 


1. What is the announcement above?
2. When is a choir rehearsal be held?
3. Who may read the announcement?
4. Where do you hear the announcement?

Pertanyaan 1 diawali "what", apa pengumuman tersebut. Kita bisa menjawab dengan membaca pada kalimat "Join our choir rehearsal ...". 
What? A choir rehearsal

Pertanyaan 2 diawali "when", kapan waktu yang diminta. Kita bisa menjawab dengan membaca pada kalimat "every Saturday at 12.30 ..."
When? every Saturday at 12.30

Pertanyaan 3 diawali "who", kepada siapa pengumuman itu ditujukan. Kita bisa menjawab dengan membaca pada kalimat  "good morning, class" atau "all are invited".
Who? students

Pertanyaan 4 diawali " where", dimana kegiatan itu akan berlangsung. kita bisa menjawab dengan membaca pada kalimat " ...in the school hall."
Where? in the school hall.

Untuk selanjutnya coba kerjakan kalimat-kalimat dibawah ini menjadi sebuah pengumuman sederhana !
  1. event is about a try out on the final exam
  2. time  for the event is Sunday, March 16th, 2013 from 09:00 - 11:00
  3. The place is in the school yard
Happy studying !


0 comments:

Posting Komentar

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner